PKM FT

 

 

Secara nasional terdapat 458 Perguruan Tinggi yang mengajukan proposal penelitian pada Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2014/2015 yang diselengarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) dengan total proposal sebanyak 31.692. Pada PKM periode 2014/2015 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil berada di peringkat 14 sebagai universitas yang terbanyak mengirimkan proposal dengan mengajukan sebanyak 510 proposal penelitian. Meskipun demikian, UMY berhasil menduduki peringkat pertama diantara Perguruan Tinggi Swasta (PTS) penerima dana hibah proposal yang didanai secara nasional.

Hal tersebut, diungkapkan oleh Kepala Pusat Pengembangan Kreativitas UMY, Sugito, S.IP., M.Si saat memberikan keterangan mengenai hasil Proposal PKM yang didanai oleh DIKTI, bertempat di Ruang LPKA UMY, Selasa (20/1). Menurut Sugito, bahwa dari total 510 proposal yang diajukan oleh UMY, UMY mendapatkan 161 proposal yang didanai oleh DIKTI, hal ini menempatkan UMY pada posisi ke-13 secara nasional sebagai Perguruan Tinggi yang proposal PKMnya didanai oleh DIKTI. Jika dibandingkan dengan tahun 2013/2014 hanya 113 proposal milik UMY yang didanai DIKTI, sehingga menurut Sugito ada kenaikan sebesar 42,5 % pada tahun 2015 ini.

“Ya, memang ada peningkatan sebesar 42,5 persen, tahun ini kita dapat 161 proposal yang didanai oleh DIKTI, tahun sebelumnya hanya 113 proposal yang didanai, sehingga ada peningkatan. Kita juga menjadi PTS yang pertama terbanyak mendapatkan porsi proposal yang didanai, dan ke-14 secara nasional PTS dan PTN yang didanai.Saya melihat hanya kita PTS yang didanai lebih dari seratus proposal diantara PTN maupun PTS, ini patut kita syukuri,”jelasnya.

Selain itu, Sugito menjelaskan bahwa kenaikan proposal atau proposal yang didanai, menunjukan bahwa semakin meningkatnya minat mahasiswa UMY dalam membuat proposal PKM.Hal ini juga diimbangi dengan semakin meningkatnya perhatian dosen untuk terlibat dalam penulisan proposal. Dirinya menjelaskan bahwa yang tidak kalah penting adalah kenaikan jumlah proposal yang mendapatkan dana hibah sebanyak 42,5 %, menunjukan bahwa kualitas proposal juga semakin meningkat.

“Ada kenaikan jumlah proposal yang kita kirim ataupun proposal yang didanai oleh dikti, hal ini menunjukan kepada kita semua bahwa ada peningkatan minat mahasiswa dalam mengerjakan proposal ini, tentunya pendampingan dari dosen juga semakin meningkat. Dan yang harus menjadi catatan kita adalah, kualitas proposal kita tahun ini juga semakin meningkat, itu dibuktikan dengan meningkatnya proposal kita yang didanai sebanyak 42,5 persen seperti yang saya katakan tadi” imbuhnya.

Sugito menambahkan, bahwa terkait pencapaian tersebut pihaknya akan lebih memperkuat pengelolaan PKM ditingkat fakultas, dan juga akan meningkatkan kualitas review proposal dengan meningkatkan kualifikasi pereview, yang nantinya pereview akan mereview proposal yang sesuai dengan disiplin ilmu pereview.

Dari 161 proposal PKM UMY yang didanai, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) adalah penerima paling banyak diantara fakultas lainya, yaitu sebanyak 50 proposal. Sedangkan terbanyak selanjutnya adalah Fakultas Teknik (FT) yaitu 25 proposal, diikuti oleh Fakultas Ekonomi (FE) 23 Proposal, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIPOL) 23 proposal, Fakultas Pertanian (FP) 18 proposal, Fakultas Hukum (FH) 15 proposal, Fakultas Pendidikan Bahasa (FPB) 7 proposal. Sehingga total 161 proposal. (Shidqi)​