KKL Internasional 1

Fakultas Teknik UMY kembali mengadakan kegiatan internasionalisasi melalui KKL Internasional bagi mahasiswa Fakultas Teknik UMY. Acara ini berlangsung selama empat hari di Malaysia sejak Senin (11/01) sampai dengan Kamis (14/01). Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan belajar internasional kepada mahasiswa Fakultas Teknik UMY dari aspek akademik maupun non akademik.

Pada kegiatan ini Fakultas Teknik UMY berkunjung bersama 20 mahasiswa Teknik UMY ke tiga universitas terkemuka di Malaysia, yaitu Universitas Teknikal Malaysia (UTM), Universitas Malaysia (UM), dan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM). Fakultas Teknik UMY memilih ketiga universitas tersebut dikarenakan ketiga universitas tersebut merupakan world class university menurut Top QS star. Dua puluh mahasiswa Teknik UMY mengunjungi dan melihat lingkungan ketiga universitas Malaysia tersebut seperti ruang laboraturium dan lingkungan diskusi mahasiswa dari UTM, UM, dan UKM. Mereka diperkenalkan dengan lingkungan belajar internasional serta proses pembelajaran dari ketiga universitas tersebut. Selain itu, mahasiswa Teknik UMY juga diberikan kesempatan untuk melihat produksi mobil nasional Malaysia di Perusahaan Proton Malaysia. Mahasiswa diberikan pengarahan mengenai proses pembuatan mobil dimulai dari desain, prototype, sampai testing dari mobil nasional Malaysia. Proton juga menawarkan kesempatan magang bagi mahasiswa Fakultas Teknik UMY selama enam bulan untuk kerjasama lanjutan dari acara kunjungan ini.

Dengan adanya KKL internasional ini, Fakultas Teknik UMY mengharapkan mahasiswa Teknik UMY dapat lebih mengenal lingkungan internasional dan mengembangkan wawasan internasional untuk dapat diaplikasikan kembali di Indonesia melalui kemajuan teknologi yang telah dikembangkan oleh Malaysia. Sehingga, mahasiswa teknik UMY dapat menjadi mahasiswa yang bertaraf internasional baik dalam bidang akademik maupun non akademik.