Electro Fair 2018 yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro (KMTE) UMY pada hari Kamis (5/4) di Sportorium UMY sukses terlaksana. Agenda ini dilaksanakan sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB dan dibuka langsung oleh salah satu perwakilan Bupati Bantul,  Drs. Totok Sudarto, M.Pd.

Electro Fair yang telah terlaksana selama delapan kali ini terus menarik minat para pegiat robot. Baik anak-anak dari Sekolah Dasar hingga anak-anak yang telah duduk di Sekolah Menengah Atas begitu antusias mengikuti pertandingan ROBOTECH Electro Fair 2018. Romadhoni Syahputra selaku Kepala Jurusan Teknik Elektro menjelaskan terdapat total 235 orang peserta yang mendaftar dan terbagi dalam 95 tim di dua kategori, yaitu kategori Sumo dan Transporter.

Peserta yang mengikuti pertandingan ROBOTECH pada Electro Fair 2018 ini juga tidak hanya berasal dari kota Yogyakarta, tetapi juga berasal dari kota Surabaya, Malang, Semarang dan kota-kota lainnya. Sehingga agenda ini tidak hanya sebagai ajang meningkatkan kompetisi, tetapi juga bisa menambah teman, belajar dan menambah pengalaman yang baru.

Para peserta pun begitu senang bisa turut serta dalam ajang ini, dan berharap agenda ini dapat terus terselenggara. Seperti yang diucapkan Andra seorang siswa SD Unggulan Terpadu, Bumi Kartini “Acaranya asik sekali, semoga nanti diadakan lagi,” Andra dan timnya pun memaparkan akan siap untuk ikut kembali jika agenda ROBOTECH di selenggarakan kembali di tahun depan.

Selain itu di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), para peserta tetap sibuk mempersiapkan robot-robot rangkaian mereka sembari menunggu giliran bertanding, Liza dari SMP Muhammadiyah PLUS Gunungpring menjelaskan bahwa persiapan mereka dalam mengikuti kontes ini kurang lebih 2 minggu, “Kami ikut bagian robot Sumo dan melakukan persiapan dalam dua minggu. Ini juga pengalaman pertama kali saya, dan harapannya semoga agenda ini terus diadakan” jelasnya.

Agenda Electro Fair ini tidak hanya mengadakan pertandingan antara pecinta robot, tetapi juga mengadakan pameran berbagai macam robot yang telah di rangkai oleh tim robotik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, sehingga dari awal masuk pintu Sportorium, beberapa robot karya mahasiswa UMY sudah bisa terlihat.

Kompetisi ROBOTECH ini juga menjadi ajang pemanasan bagi UMY dalam menyambut Kontes Robot Indonesia 2018, yang akan diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi di Sportorium UMY pada bulan Juli mendatang.