Pada hari Senin tanggal 19 Maret 2018, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik menyelenggarakan pembukaan Pekan Olahraga Teknik (PORTEK) 2018 di GOR Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Pembukaan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik dan Wakil Dekan Fakultas Teknik bidang Sumber Daya dan Kemahasiswaan serta perwakilan-perwakilan lembaga di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Pekan Olahraga Teknik (PORTEK) 2018 akan berlangsung dari tanggal 19 Maret – 04 April 2018.  Kegiatan ini merupakan sebuah ajang silahturahmi antar 4 jurusan di Fakultas Teknik UMY, yaitu Program Studi Teknik Mesin, Program Studi Teknik Sipil, Program Studi Teknik Elektro dan Program Studi Teknik Informatika. Adapun penanggung jawab dari agenda ini adalah Divisi Pekan Pengembangan Mahasiswa Fakultas Teknik UMY.

Agenda Pekan Olahraga ini terdiri dari beberapa jenis pertandingan, meliputi pertandingan Voli, Sepak Bola, Futsal, Basket dan Badminton. Agenda Voli akan dilaksanakan pada tanggal 19-20 Maret, pertandingan Badminton akan dilaksanakan pada tanggal 21-23 Maret, Pertandingan Basket akan dilaksanakan pada tanggal 26-27 Maret, pertandingan Futsal akan berlangsung pada tanggal 28-30 Maret dan Sepakbola akan berlangsung pada tanggal 2 April hingga selesai.

“Mahasiswa Fakultas Teknik tidak harus selalu melakukan pratikum, ada kalanya juga harus refresing dan berolahraga. Dalam agenda ini harap selalu menjaga semangat sportifitas” Ujar Dekan Fakultas Teknik Bapak Jazaul Ikhsan, Ph.D. Wakil Dekan Fakultas Teknik Bapak Ir. Aris Widyo Nugroho, Ph.D juga berharap dengan agenda PORTEK 2018 ini para mahasiswa antar jurusan dapat terus mempererat silahturahmi dan menampilkan mahasiswa yang dapat diikutkan dalam kompetisi pada tingkat yang lebih luas.

Ardi Surya K sebagai ketua dalam Agenda PORTEK ini juga berharap para mahasiswa dapat terus berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan positif seperti ini, dan meminta para suporter antar jurusan untuk tidak ricuh ketika pertandingan sedang berlangsung nantinya, karena agenda ini diadakan untuk memperat silahturahmi dan persaudaraan antar jurusan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.