Korea SelatanDekan Fakultas Teknik UMY bersama Prof. Yoon dari Ulsan, Korea

Rabu (03/02), Fakultas Teknik UMY kembali menghadirkan ahli manajemen bencana dari Ulsan National Institute of Science and Technology, Disaster and Risk Management Engineering, Prof. Yoon Dong Keun, untuk berbagi ilmu dengan dosen FT UMY. Kegiatan ini dihadiri oleh 15 dosen dari keempat program studi Fakultas Teknik UMY yang berlangsung pagi di ruang sidang Fakultas Teknik UMY. Dalam kegiatan joint discussion ini, Dekan Fakultas Teknik, Jazaul Ikhsan Ph.D, juga turut hadir dan berbagi pengalaman mengenai kondisi bencana alam yang pernah terjadi di Indonesia, khususnya Yogyakarta, yaitu erupsi Merapi 6 tahun yang lalu .

            Kegiatan yang bertemakan Disaster Damage in Korea memberikan informasi baru kepada dosen FT UMY terkait bencana-bencana alam yang sering terjadi di Korea serta merugikan Korea Selatan dalam beberapa tahun belakangan. Prof. Yoon menyampaikan bahwa Topan merupakan bencana alam yang paling sering terjadi di Korea dan mengakibatkan kerugian yang cukup besar bagi Korea dalam beberapa tahun terakhir. Bencana alam yang terjadi di Korea pada tahun 2002 sampai dengan 2011 telah menyebabkan 68 korban meninggal dan kerugian materi sebesar 1,658 milyar Won Korea, tambahnya.

            Joint discussion ini merupakan langkah lanjutan untuk membuka jalur internasionalisasi bagi Fakultas Teknik UMY di tahun 2016. Acara ini juga menjadi jalan FT UMY dalam mempererat kerjasama dengan universitas-universitas di Korea Selatan, dimana sebelumnya FT UMY telah membangun kerjasama dengan Sun Moon University, kemudian dilanjutkan dengan joint discussion dengan Prof. Yoon dari Ulsan National Institue of Science and Technology, selanjutnya diharapkan kerjasama ini akan ditingkatkan serta memberikan manfaat positif ke dua belah pihak. (Anya)