Setelah beberapa dosen Fakultas Teknik di bulan Desember 2017 meraih gelar Doktor, pada awal tahun 2018 ini, terdapat 2 Dosen di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang kembali meraih gelar Doktor. Pencapaian ini didapatkan oleh 2 dosen di Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik UMY.

Dosen Program Studi Teknik Mesin yang meraih gelar “Doktor” adalah Dr. Ir. Sudarja, M.T di Universitas Gadjah Mada dan Dr. Bambang Riyanta, S.T., M.T di Universitas Brawijaya. Untuk ujian Disertasi, Dr. Ir. Sudarja, M.T melakukan ujian Disertasi-nya pada tanggal 15 Januari 2018 dan Dr. Bambang Riyanta, S.T., M.T melakukan sidang Disertasi-nya pada tanggal 17 Januari 2018.

Dr. Ir. Sudarja M.T dalam Disertasi-nya yang berjudul “Studi Eksperimental Aliran Dua-Fase Gas Cairan Pada Pipa Berukuran Mini,” membahas tentang aliran dua-fase yang meliputi: pola aliran, fraksi hampa, dan gradien tekanan. Data yang didapatkan dalam penelitian yakni meliputi pola aliran (flow pattern), fraksi hampa (void fraction), dan pressure gradient. Dalam penelitian yang dilakukan, Dr. Ir. Sudarja M.T juga mengusulkan 2 korelasi baru yaitu korelasi untuk panjang plug/bubble dan paramater Chisholm. Adapun para penelitian ini, Dr. Ir. Sudarja M.T memberikan saran untuk penelitian lanjutan dalam menvariasikan tegangan permukaan fluida cair, investigasi parameter perindahan kalor dan pemodelan aliran dua-fase pada pipa mini.

Sedangkan judul Disertasi Dr. Bambang Riyanta, S.T., M.T adalah “Prinsip Keseimbangan Energi pada Prediksi Ketangguhan Retak Kritris (KIC) dan Fracture Resistance Kritis (JIC) baja AISI 304 di Daerah Sambungan Las.” yang mana penelitian ini dilakukan untuk memprediksi ketangguhan retak kritis (KIC) dan Fracture Resistance Kritis Baja AISI 304 pada Zona Pengelasan dengan menggunakan pendekatan keseimbangan energi. Hasilnya penelitian ini bermanfaat sebagai prediksi harga KIC & JIC sebagai alternatif untuk mendapatkan harga KIC & JIC yang sesuai standar ASTM E 1820,  tanpa harus melakukan prosedur pengujian yang begitu rumit serta membutuhkan biaya besar dan lama.

Atas keberhasilan dalam meraih gelar “Doktor” tentunya Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengucapkan selamat kepada Dr. Ir. Sudarja, M.T dan Dr. Bambang Riyanta, ST., M.T. Semoga pencapaian ini dapat terus memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas universitas serta perkembangan publikasi riset di bidang ilmu pengetahuan.