Teknik sipil merupakan sebuah rumpun ilmu yang mempelajari tentang merancang, dan mendesain suatu pekerjaan atau suatu konstruksi. Para praktisi Teknik sipil juga dituntut agar dapat mengaplikasikan ilmunya tersebut pada masyarkat umum sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Begitupun dengan para civitas akademika Teknik sipil UMY.

Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, disamping dharma pendidikan dan pengajaran serta dharma penelitian. Dosen Teknik Sipil UMY yang di ketuai oleh Emil Adly S.T., M.Eng bersama rekan lainnya  Edi Hartono ST.,MT dan Anita Rahmawati ST.,M.Sc di bantu oleh mahasiswa dan aktif dalam kegiatan pengabdian dengan melakukan kegiatan berupa desain dan perancangan untuk pemasangan paving blok dan perkerasan batu andesit pada Asrama IRPY Sri Buantan Bengkalis. Kegiatan tersebut juga sebagai wujud nyata dalam pengaplikasian ilmu teknik sipil pada masyarakat umum.

Asrama IPRY Sri Buantan Bengkalis difungsikan sebagai asrama tempat tinggal mahasiswa putra dari daerah Kabupaten Bengkalis yang sedang menempuh pendidikan selama di Yogyakarta.  Asrama yang berada di Jl. Kaliurang Km 7.3 Jeruk Sari III Gg. Kayan III, Sleman, DI Yogyakarta masih dalam tahap perkembangan dan masih perlu mendapatkan perhatian khusus pada bangunan dan pengembangan lahan sesuai dengan kebutuhan asrama.

Kondisi eksisting halaman dan lahan parkir yang berada di asrama cukup memprihatinkan, yakni ;

  1. Kondisi paving blok berlubang dan pelepasan butir sehingga tampak kotor
  2. Kondisi parkir roda dua yang sembrawut akibat paving blok yang rusak menyebabkan pemilik motor memarkirkan kendaraannya di luar kotak parkir yang tersedia
  3. Paving dalam kondisi berlumut dan celahnya yang penuh tumbuhan

Dari masalah tersebut di atas, penghuni asrama perlu melakukan renovasi terhadap kondisi yang ada, dan dengan pengetahuan dan skill yang dimiliki oleh dosen teknik sipil maka mereka perlu bantuan untuk merencanakan dan melaksanakan kegiatan pemasangan paving blok di halaman asrama dan batu andesit pada lantai parkir dan lobi utama.

a

b

c

Gambar 1. (a,b,c) Kondisi saat ini dan proses pengukuran lokasi

 

a

b

c

Gambar 2 (a,b,c) Perencanaan pemasangan paving blok dan perkerasan andesit

Kegiatan ini memakan waktu satu bulan terhitung bulan Januari 2019. Desain dibantu oleh alumni Teknik Sipil bernama Farid dan proses pelaksanaan di awasi langsung oleh penghuni asrama dan mahasiswa Teknik Sipil M. Ivan Mareza

a

b

Gambar 3 (a,b) pemasangan batu andesit

 

Batu andesit merupakan salah satu batu vulkanik ekstrusif yang telah digunakan oleh peradaban manusia sejak dulu kala. Saat ini batu andesit sangat populer digunakan untuk jalan dan parkir area. Pada lokasi ini batu andesit digunakan dan dipilih diperuntukkan bagi lapisan atas ruang parkir dan loby utama. Selain fisiknya yang menarik batu andesit yang berukuran 30×30 cm ini mampu menjadi pengganti keramik pada outdor, kesat, baik terhadap gesekan, tidak licin dan kuat menahan beban yang berat.

a.

b.

Gambar 4 (a,b) pemasangan Pving block

Pemasangan paving block direncanakan seluas 182 m2 yang meliputi bagian depan dan bagian samping asrama. Pemilihan warna terdiri atas merah dan naturan yang di kombinasi sedemikian rupa sehingga menjadi menarik.

a

b

c

Gambar 5 (a,b,c ) Kondisi Terpasang pada halaman, ruang parkir dan lobi utama

Dengan selesainya kegiatan perencanaan dan pelaksanaan paving block dan andesit untuk lantai lobi utama dan parkir diharapkan bisa digunakan semaksimal mungkin sesuai dengan peruntukannya.