Terhitung di bulan Desember 2017, terdapat 2 Dosen Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Univeristas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang meraih gelar Doktor di Universitas Gadjah Mada (UGM),Yogyakarta.

Dosen Program Studi Teknik Sipil yang meraih gelar “Doktor” adalah Dr. Guntur Nugroho ST., M.Eng dan Dr. Wilis Diana, ST., MT. Untuk Ujian Disertasi Dr. Guntur Nurgroho ST., M.Eng dilakukan pada tanggal 9 Desember 2017 dan tanggal Ujian Disertasi Dr. Wilis Diana, ST., MT adalah tanggal 21 Desember 2017.

Adapun judul Disertasi Dr. Guntur Nugroho ST., M.Eng adalah “Pemanfaatan Teknik Getaran Bebas Untuk Estimasi Gaya pada Hanger Jembatan Gantung Dengan Memodifikasi Sistem Tumpuan (Penumpu-Sementara).” Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Guntur Nugroho ST., M.Eng adalah untuk mengembangkan alat bantu berupa penumpu-sementara pada hanger, yang mana pemasangan alat bantu penumpu-sementara bertujuan untuk meminimalkan pengaruh tipe tumpuan pada ujung hanger dan memberikan informasi data panjang hanger yang digunakan sehingga prediksi gaya aksial akan lebih akurat.

Sedangkan judul Disertasi Dr. Wilis Diana, ST., MT adalah “The Behavior of The Nailed Slab System on Expansive Soil,” yang membahas tentang sistem pelat terpaku pada tanah ekspansif. Tujuan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Wilis Diana ST., MT adalah untuk mengetahi perilaku deformasi sistem pelat terpaku pada tanah ekspansif, pengaruh dimensi tiang, ikatan tiang pada pelat, serta analisis prediksi pengembangan tanah dan deformasi sistem pelat terpaku.

Tentunya Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengucapkan selamat atas keberhasilan Dr. Guntur Nugroho ST., M.Eng dan Dr. Wilis Diana, ST., MT dalam  meraih Program Studi Doktor. Serta berharap pencapaian ini dapat terus memberikan kontribusi dalam meningkat kualitas universitas serta publikasi riset dalam bidang ilmu pengetahuan.