Mahasiswi Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Dyah Witamara lakukan penelitian di National Chung Cheng University Taiwan. Penelitian ini dilakukan dalam sebuah program Summer Internship Program yang diselenggarakan oleh pihak National Chung Cheng University Taiwan yang akan berlangsung pada akhir bulan Juli hingga akhir bulan September 2018.

Adapun penelitian yang dilakukan adalah “Human Face Recognition for Roll Call Student in Lecture Time” yang meneliti tentang pengembangan berbasis komputer. Penelitian ini dinilai akan memberikan manfaat kepada para mahasiswa pada saat perkuliahan sehingga proses pengabsenan bisa lebih efektif dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Menurut Dyah Witamara yang merupakan mahasiswi Program Studi Teknik Elektro angkatan 2016, Projek roll call yang dilakukan di National Chung Cheng University akan menggunakan database perkuliahan, proses tersebut memudahkan pengajar melakukan absensi dengan mudah dan cepat tanpa harus menginterupsi kegiatan perkuliahan.

Implementasi dari projek yang akan dilakukan Dyah Witamara adalah penerapannya di aplikasi mobile phone atau laptop dengan sebuah program matlab, program tersebut dirancang sedemikian rupa, sehingga mampu membedakan gesture para mahasiswa yang berbeda-beda.

Dyah berharap dengan mengikuti Summer Internship Program ini dirinya bisa mendapatkan pengalaman baru dan berbagai ilmu pengetahuan, “sungguh menarik mempelajari tentang teknologi-teknologi baru dan modern, apalagi jika nantinya bisa diimplementasikan di Indonesia, khususnya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.” papar Dyah.