Education Sharing di Prodi Teknik Sipil

Juni 2, 2018 oleh : admin

Pada hari Rabu, tanggal 30 Mei 2018. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)  mengadakan Education Sharing  bersama Tobias Domnik, M.Sc dari Karlsruher Institut fur Technologie (KIT) Institut fur Technikfolgenabschatzung und Systemanalyse (ITAS) di Ruang Sidang Fakultas Teknik, Gedung F3 pada pukul 10.00-13.00 WIB. Tobias merupakan mahasiswa PhD di KIT yang sedang melakukan riset bersama dengan salah satu Dosen di Prodi Teknik Sipil UMY.

Dalam sesi Education Sharing Tobias Domnik, M.Sc memberikan berbagai tips dan informasi kepada para mahasiswa agar bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar di Jerman. Mr. Tobias juga menjelaskan berbagai beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Jerman, serta beasiswa yang bisa akses oleh pelajar Indonesia jika ingin melanjutkan studi di Jerman, seperti beasiswa Erasmus Program dan DAAD. Selain itu, Tobias Domnik juga menjelaskan tentang Germany School system, Germany Educastion System dan PhD opportunities.

Dalam Sesi yang dipandu oleh Dian Setiawan, S.T., M.T., Tobias Domnik juga menjelaskan tujuannya datang ke Indonesia adalah untuk melakukan research atau penelitian untuk proyek Disertasinya, mengenai State and Prospect of Global Biomass Supply Pats for Germany. Melakukan penelitian bagaimana Indonesia mengatur energi, khususnya Bioenergy strategy, Bagaimana import Biomass, serta bagaimana mengubah transportasi jika diterapkan di Jerman.

Dalam sesi Education Sharing  tersebut, para mahasiswa juga menanyakan perihal kehidupan di Jerman, baik bagaimana Living Cost  di Jerman, bagaimana mendaftarkan studi di Jerman, berapa lama system Pendidikan di Jerman yang harus ditempuh, hingga komunitas-komunitas Pelajar atau Mahasiswa Indonesia di Jerman.