Pada hari Sabtu tanggal 31 Maret 2018, Program Studi Teknik Elektro UMY menyelenggarakan Edukasi Hemat Energi yang merupakan bagian dari agenda Elektro Fair 2018. Agenda ini di selenggarakan di Ruang Stadium General Gedung F1 Lantai 2 Fakultas Teknik UMY dan dihadiri sekitar 50 peserta.

Edukasi Hemat Energi yang di selenggarakan oleh Program Studi Teknik Elektro UMY dan KMTE (Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro) ini bertemakan “Save the Energy to Preserve the Future : Think Globally, Act Locally.” Dan dihadiri oleh SD Sangonan 4, SMA Muhammadiyah Kasihan, SMK Bangun Jiwo, UKM Grabah, Karang Taruna Taman Tirto, Karang Taruna Tirto Nirnolo dan Karang Taruna Kumbang Mas dan beberapa mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Pembicara dalam agenda ini adalah Ramadoni Syahputra, S.T., M.T yang merupakan pakar system tenaga listrik dan Artificial Intelligence in Power System and Renewable Energy. beserta Ir. Agus Jamal, M.Eng yang merupakan pakar sistem tenaga listrik, instalasi listrik gedung bertingkat dan energy terbarukan. Adapun pembahasan dalam agenda ini adalah tentang bagaimana cara mengimplementasikan hemat energy bagi kehidupan sehari-hari. Tujuan mengenai penggunaan hemat energy beserta manfaat-manfaatnya. bahwasanya

“Output kegiatan ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam hal pemanfaatan energy listrik rumahan maupun industri dan perusahaan. Edukasi ini juga diharapakan bisa mengedukasi masyarakat agar tetap merasakan listrik beberapa tahun mendatang.” Ujar Ramadoni Syahputra, S.T., M.T selaku Ketua Program Studi Teknik Elekro UMY dalam kata sambutannya.