Pada hari Rabu, tanggal 27 Desember 2017, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan agenda diskusi riset dan publikasi di Ruang Sidang Fakultas Teknik Gedung F3 UMY. Agenda diskusi riset dan publikasi ini dilaksanakan pada pukul 09.30-12.00 dan dihadiri oleh dosen-dosen Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Adapun pengisi acara dalam agenda Diskusi Riset dan Publikasi ini adalah Iswandaru Widiyatmoko, ST., MSc., Ph.D yang merupakan anggota dari Institute of Asphalt Technology, Inggris dan anggota dari asosiasi Asphalt Technologist, Amerika Serikat. Dr. Iswandaru juga mendapatkan gelar Sarjana Teknik di Institute Teknologi Bandung, menempuh gelar Master of Science di Universitas Birmingham dan menyelesaikan gelar PhD atau Doctor of Philosophy di Universitas Sheffield Hallam, Inggris.

Dalam agenda Diskusi Riset dan Publikasi yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, para dosen Fakultas Teknik UMY terlibat diskusi aktif dengan Dr. Iswandaru Widiyatmoko, dialog serta tanya jawab berlangsung santai, dan para dosen Fakultas Teknik UMY juga terlihat memiliki antusias yang tinggi mengenai sistematika riset dan publikasi yang dipaparkan oleh Dr. Iswandaru.

Materi yang disampaikan Dr. Iswandaru meliputi spesifikasi dan kualifikasi dalam melakukan research atau penelitian, bagaimana metode penetian di negara Inggris, tujuan dalam melakukan penelitian, bagaimana sinergi antara akademia dan industri serta bagaimana inovasi dan implementasi dalam sebuah penelitian. Dr. Iswandaru juga menjelaskan bagaimana cara pembuatan paper, etika penulisan hingga tips untuk mereview tulisan yang ingin dikirimkan.