Ahli manajemen Sungai Dari jepang 1

 

Dalam rangka menindaklanjuti perjanjian kerjasama akademik antara FT UMY dengan Tokushima University, Jepang, FT UMY mendapatkan kunjungan langsung dari Professor Yasunori Moto, salah satu ahli manajemen sungai dari Jepang. Kegiatan ini berupa pembelajaran di kelas melalui kuliah umum dan kuliah lapangan yang berlangsung selama dua minggu yaitu dimulai pada tanggal 4 sampai dengan 16 Januari 2016. Kuliah umum yang disampaikan Profosessor Yasunori Moto berlangsung selama seminggu (4/01) bertempat di ruang Stadium General, Fakultas Teknik UMY. Untuk kegiatan kuliah lapangan, mahasiswa Teknik UMY bersama Prof. Yasunori Moto terjun langsung melihat kondisi Kali Putih, Magelang, Jawa Tengah.

Kuliah umum Prof. Yasunori Moto yang bertemakan “River Management and Studies” banyak membahas mengenai cara pengendalian sungai terhadap pengelolaan banjir di Jepang. Sebagai contoh disebutkan bahwa banjir yang pernah melanda Tokyo, arus sungai dialihkan ke kota lain melalui sungai buatan, jelas Prof. Yasunori Moto dalam seminarnya. Selain itu, pengendalian banjir juga bisa dilakukan melalui pembuatan shorcut atau bypass untuk mengalirkan air langsung ke laut dengan jalan pintas,tambahnya. Kemudian, Beliau memberikan pengarahan studi lapangan kepada mahasiswa Teknik UMY dengan melihat kondisi Kali Putih yang merupakan salah satu sungai aliran lahar dingin pada saat erupsi Merapi.

Studi lapangan mahasiswa Teknik UMY berakhir pada 16 Januari 2016 bertempat di Kulonprogo, sekaligus penutupan kunjungan Profesor Moto di FT UMY. Kegiatan visiting lecture seperti ini diharapakan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa Teknik UMY mengenai pembelajaran internasional serta minat mahasiswa untuk mengembangkan penelitian internasional.