Pada hari Sabtu, 10 Maret 2018, Lembaga Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HMM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan agenda Diskusi Aktual yang bertemakan “Konservasi Energi Untuk Mendukung Kemandirian Bangsa.” Agenda ini di adakan di Gedung E6 Lantai 5 UMY sejak pukul 07.30 WIB dan dihadiri oleh 215 peserta.

Dalam agenda Diskusi Aktual ini, Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin UMY juga mendatangkan berbagai pembicara yang terkemuka, seperti Ricky Elson yang ahli dalam teknologi motor penggerak listrik atau dikenal sebagai Putra Petir Indonesia. Ir. Subhan Hasisi S.T IPP dari PT. DSSP Power SUMSEL serta Dr. Ahmad Agus Setiawan yang merupakan Asisten Professor di Renewable Energy System & Planning di Fakultas Teknik UGM.

Ricky Elson sebagai salah satu pembicara dalam agenda Diskusi Aktual tersebut menyampaikan materi tentang resolusi kendaraan hemat energi, sedangkan Ir. Subhan Hasisi menjelaskan tentang konsep konservasi energi pembangkit tenaga listik uap dan Dr. Ahmad Agus Setiawan memberikan gambaran kepada para peserta diskusi aktual tentang dampak positif penggunaan energi alternatif pada masa mendatang di Indonesia.

Sudirman sebagai ketua pelaksana dalam agenda Diskusi Aktual juga menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan kepada mahasiswa akan pentingnya energi dalam pemanfaatannya, serta memberikan dorongan kepada para mahasiswa untuk lebih merasa tertantang dalam memajukan negara Indonesia melalui pengembangan energi.

“Inti materi dari para pembicara itu sama, mari bangkit dan wujudkan Indonesia yang maju dengan membuat teknologi yang ramah lingkungan. Tidak perlu mengomentasi pemerintah, mari kita semua sebagai pemuda yang bergerak untuk mendukung kemandirian bangsa,” ujar Sudirman mengutip pesan dari para pembicara Diskusi Aktual tersebut.