Fakultas Teknik Raih Piala MATAF TERBAIK

September 19, 2015 oleh : admin

mataf juaraPiala Mataf Terbaik UMY dan Kegiatan Mataf Fakultas Teknik UMY

 

Masa Ta’aruf (MATAF) merupakan kegiatan perkenalan bagi mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang unggul dan Islami kepada mahasiswa baru. Tahun ini, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menerima 687 mahasiswa baru dari 5.154 mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dalam kegiatan MATAF yang diadakan selama tiga hari dimulai pada tanggal 31 Agustus sampai dengan 02 September 2015 hadir 645 mahasiswa baru, yang berarti hampir sepenuhnya mahasiswa baru Fakultas Teknik mengikuti rangkaian kegiatan MATAF ini. Hal ini menjadi salah satu faktor penilaian yang dilakukan Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk memberikan penghargaan kepada Fakultas Teknik sebagai Mataf Terbaik 2015. Penghargaan ini diberikan kepada Fakultas Teknik atas rangkaian acara yang bernilai islami dan edukatif bagi mahasiswa baru.Piala Mataf Terbaik ini diserahkan kepada Panitia Mataf Fakultas Teknik pada hari terakhir kegiatan Mataf Fakultas Teknik, pada Rabu siang (02/09).

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia MATAF, Hanif Iqbal Saputro mengatakan bahwa penghargaan tersebut dapat diraih atas kekompakan panitia mataf Fakultas Teknik dalam mengajarkan nilai-nilai islami kepada mahasiswa baru seperti rutinitas panitia untuk shalat shubuh berjama’ah dan kebiasaan on time dalam pelaksanaan kegiatan, serta kekompakan mahasiwa baru Fakultas Teknik pada MATAF hari pertama di Sportorium UMY.

Hanif juga mengatakan bahwa kegiatan MATAF Fakultas Teknik diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai pembelajaran dan meningkatkan wawasan keislamaan bagi mahasiswa baru, melalui tema kegiatan MATAF tahun ini yaitu “Sinergi Dalam Keberagaman Menuju Cendikiawan Berpribadi”, mahasiswa baru diberikan kegiatan-kegiatan yang akan menunjang pembelajaran selama perkuliahan salah satunya pelatihan literasi jurnal dan lain-lain. Keunikan lainnya dari MATAF Fakultas Teknik pada tahun ini adalah hukuman-hukuman yang diberikan kepada mahasiswa yang melanggar peraturan seperti keterlambatan diberikan sanksi edukatif dan islami seperti menghafal dan menuliskan ayat Al-Qur’an, serta penanaman nilai-nilai Pancasila dengan menghafalkan Pembukaan UUD 1945. (Anya)