Pada hari Senin, 08 Januari 2018, rombongan pimpinan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Universitas Prof. Dr. Hamka (UHAMKA). melakukan kunjungan ke Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Acara ini berlangsung sejak pukul 10.00-13.00 WIB dan dilaksanakan di Ruang Sidang Fakultas Teknik Gedung F3 Universitas Muhammadiyah  Yogyakarta.

Adapun agenda kegiatan kunjungan adalah pembukaan, kata sambutan, diskusi dan dilanjutkan dengan kunjungan langsung ke laboratorium Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Pembahasan pun meliputi berbagai aspek, baik mengenai rencana masing-masing fakultas ingin mendirikan Program Studi Pascasarjana, penjelasan proses Akreditasi Program Studi Teknik Sipil UMY, serta penjelasan tentang simulasi dan software Program Studi Teknik Sipil dalam proses akreditasi yang Alhamdulillah  mendapatkan predikat A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Kementerian dan Pendidikan.

Dalam agenda kali ini, rombongan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) juga melakukan Studi Banding tentang Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang dilakukan oleh Program Studi Teknik Informatika dan Teknik Mesin UMY, rombongan UMM juga bertemu langsung dengan Cahyo Budiantoro, S.T., M.Sc selaku pendiri Tempat Uji Kompetensi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dekan Fakultas Teknik UMY, Jazaul Ikhsan., ST., M.T., Ph.D dalam kata sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada rombongan Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) yang telah berkenan berkunjung ke Fakultas Teknik UMY dan berharap diskusi atau sharing informasi antar universitas ini dapat di implikasikan di masing-masing fakultas, baik fakultas UMM, UHAMKA dan UMY.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Dr. Ahmad Mudin, M.T dalam kata sambutannya juga turut memperkenalkan program studi apa saja yang ada di UMM. Selain itu Dr. Ahmad Mudin, M.T juga tidak lupa berpesan bahwa antar Perguruan Tinggi Muhammadiyah harus terus kompak dan terus bekerjasama, hal-hal yang baik diterapkan dan hal yang kurang harus saling bantu dan dilengkapi. Dr. Sugema ST., M.Kom selaku Dekan Fakultas Teknik UHAMKA juga berharap bahwa dengan di adakannya kunjungan antar perguruan tinggi ini, baik UHAMKA, UMM dan UMY dapat saling belajar dan bertukar informasi antar Perguruan Tinggi Muhammadiyah.