Pada hari Sabtu tanggal 23 Desember 2017, Fakultas Teknik UMY mengadakan Workshop Penulisan Proposal Penelitian Ilmiah untuk seluruh dosen di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, baik dosen Program Studi Teknik Elektro, dosen Program Studi Teknik Mesin, dosen Program Studi Teknik Informatika dan dosen Program Studi Teknik Mesin. Workshop ini dilaksanakan di Ruang Stadium General (SG) pada pukul 09.00-11.00 WIB.

Adapun narasumber dalam agenda workshop penulisan proposal penelitian ilmiah ini adalah Dr. Deendarlianto S.T., M.Eng. Beliau adalah alumni lulusan S1 Universitas Gadjah Mada (UGM), Lulusan S2 Teknik Mesin di Tokushima University, dan merupakan lulusan program Doktoral Macro- Control Engineering di Tokushima University Jepang pada tahun 2006. Beliau juga merupakan dosen di Departemen Mesin danĀ  Industri Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Materi yang disampaikan oleh Dr. Deendarlianto pada workshop yang diselenggarakan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah bagaimana mendapatkan dana penelitian baik dari lembaga pemerintah maupun dari penyedia dana riset internasional, evaluasi proposal, kriteria penilaian proposal, kriteria administratif proposal, pertanyaan-pertanyaan dalam proses review, evaluasi substantif, penyajian metode penelitian, road map dan kisi-kisi proposal yang baik dan benar.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jazaul Ikhsan ST., MT.,Ph.D dalam kata sambutannya juga mengucapkan terimakasih banyak kepada Dr. Deendarlianto atas kehadiraannya memberikan materi penulisan proposal penelitian ilmiah dan berharap materi yang disampaikan dapat bermanfaat serta meningkatkan semangat dosen-dosen Fakultas Teknik UMY untuk terus menulis dan melakukan penelitian ilmiah.