Pak aris Singapore

Dosen Fakultas Teknik UMY dan   PPB UMY  berfoto bersama narasumber Prof. Ron Hugo dari

Calgary University

Fakultas Teknik UMY untuk keempat kalinya mengikuti workshop Conceive-Design-Implement-Operate (CDIO), yang kali ini diselenggarakan di Singapore Polytechnic, Singapore yang didukung oleh Temasek Foundation pada Senin-Rabu (7-10/12). Workshop ini diikuti oleh dosen-dosen dari 8 negara yaitu Thailand, Vietnam, Filipina, Malaysia, Mongolia, India, Indonesia, dan China.  Fakultas Teknik UMY sendiri telah empat kali mengikuti workshop CDIO, dimana sebelumnya Fakultas Teknik UMY menjadi tuan rumah penyelenggara workshop CDIO.
Metode yang dikenal dengan metode CDIO ini  awalnya dikembangkan oleh MIT tahun 1990, kemudian di tahun 2000 berkolaborasi dengan 3 univeristas  di Swedia, metode ini di canangkan. Singapore Polytechnic sudah menerapkan system ini sejak sekitar tujuh tahun yang lalu, dan dari evaluasi yang telah dilakukan menunjukan adanya peningkatan kompetensi lulusan. Metode CDIO merupakan kerangka pendidikan yang inovatif untuk memproduksi generasi insinyur masa depan yang lebih kreatif dan lebih kompeten. Kerangka kerja ini menyiapkan metode belajar aktif kepada mahasiswa dengan pendidikan menekankan rekayasa mendasar pada ilmu keteknikan. Dalam implementasinya, mahasiswa lebih didorong untuk melaksanakan proses belajar aktif dan kreatif dimana dosen berfungsi sebagai fasilitator dalam mengarahkan proses belajar mahasiswa. Konsep pembelajaran CDIO ini sedang diterapkan di Fakultas Teknik UMY pada beberapa matakuliah di empat program studi Fakultas Teknik UMY.
Pada workshop kali ini, Fakultas Teknik UMY mengirim tiga dosen yaitu Aris Widyo Nugroho, Ph,D (Dosen Teknik Mesin), Anita Rahmawati, Ph.D (Dosen Teknik Sipil), dan Nur Hayati, M.T (Dosen Teknik Elektro) untuk mengikuti pelatihan pembelajaran CDIO di Singapore dengan salah satu narasumbernya adalah Prof. Ron Hugo dari Calgary University, Canada. Pada kesempatan ini juga disampaikan sharing pengalaman dari peserta Universitas dari Malasyia, Vietnam, Thalian dan Singapura dalam implementasi system  ini. Diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini, dosen-dosen Fakultas Teknik UMY dapat membantu meningkatkan proses pembelajaran kususnya dibidang rekayasa dan diharapkan mahasiswa dibawa kearah merancang dan mendesain produk-produk keteknikan yang sesuai kebutuhan user/pengguna (Anya)