Jadilah Mahasiswa yang Berkarakter!

Desember 22, 2016 oleh : admin

bridging-mesin-2

Fakultas Teknik khususnya Prodi Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan acara Bridging “development motivasi”, untuk mahasiswa baru 2016 yang berlangsung pada tanggal 29 November – 3 Desember 2016, di Gd. Pascasarjana UMY.

Acara yang bertemakan “Pengembangan Karakter Mahasiswa Baru Teknik Mesin” ini diikuti oleh mahasiswa baru teknik mesin dari 5 kelas, ketua jurusan, serta Bapak dan Ibu dosen Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dinda Denis P. P adalah pembicara pertama yang memulai diskusi dengan membangun motivasi para mahasiswa baru tahun ajaran 2016, beliau menyampaikan dasar dari pengembangan karakter dimulai dari  mengenal diri dan potensi, visi – misi dan cita-cita.No one knows you better than you know yourself. So, don’t allow anyone to change your energy. Don’t waste your time and be focus on your future. Artinya bahwa ketika kita tidak mengenali diri sendiri berarti telah menyia-nyiakan peluang dan potensi yang dimiliki. Tidak ada hal yang sulit jika sudah diiringi dengan kemauan dan keyakinan yang kuat, begitupun juga dengan mengenal diri sendiri.” ujarnya.

Muhammad Fatan sebagai pembicara kedua, beliau melanjutkan pemateri sebelumnya dengan mengambil “Teori 10.000 jam menjadi ahli” karya Malcolm Gladwell. Beliau menekankan bahwa saat kita ingin menjadi seorang ahli di bidang yang kita mau, maka kita harus belajar selama 10.000 jam menekuni bidang tersebut. Beliau juga menampilkan sebuah video yang menunjukkan tidak sedikit orang dengan mempraktekkan nilai-nilai dari Hukum 10.000 jam tersebut dan menjadi seorang yang hebat dan patut dicontoh.

“Apakah Teori ini terbukti? Ya! Dari salah satu video yang sudah dilihat menunjukkan bahwa The Beatles yang berlatih selama 10 ribu jam dan hasilnya sangat luar biasa.” Ujarnya. Hal ini membuat para mahasiswa menjadi semakin yakin dan termotivasi. “Untuk menjadi seorang yang sukses di bidangnya, tidak ada cara yang instan. Semua membutuhkan kerja keras dan pengorbanan. Hargai sebuah proses yang membentuk kalian untuk menjadi seorang ahli. Pilih bidang apa yang membuat kalian semangat, kemudian fokus untuk bekerja keras menekuni bidang tersebut. Karena proses tidak akan menghianati hasil akhir.” Tutupnya. (junda)