Jaminan Mutu

A. Kebijakan Mutu

1.  Pernyataan Kebijakan

Untuk mencapai visi, misi, dan tujuan secara efektif, efisien, dan akuntabel, maka setiap unit di lingkungan Fakultas Teknik dalam merancang serta melaksanakan tugas, fungsi, dan pelayanannya harus berdasarkan standar mutu yang semakin baik dan mengikuti manual atau pun prosedur tertentu yang ditetapkan dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan secara periodic dilakukan evaluasi diri serta audit internal mutu (AMAI)

2.  Tujuan Kebijakan

Menjamin bahwa setiap unit di lingkungan Fakultas Teknik dalam menjalankan tugas pelayanan dan fungsinya sesuai dengan standar yang ditetapkan mewujudkan transparansi dan akuntabilitas Fakultas Teknik kepada para pemangku kepentingan (Stakeholders) mengajak semua pihak di lingkungan Fakultas Teknik untuk bekerja mencapai tujuan dengan berpatokan pada standar dan secara berkelanjutan berupaya untuk meningkatkan mutu. (Selengkapnya…)

B. Manual Mutu

Sistem manajemen mutu yang diterapkan di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengacu pada ISO 9001:2015. Ruang lingkup Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Fakultas Teknik UMY mencakup proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pengelolaan proses – proses tersebut dalam suatu Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 melibatkan fungsi-fungsi / bagian di dalam organisasi, yaitu: bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Sumber Daya , Komunikasi dan Bisnis, dan Riset dan Inovasi Penerapan sistem manajemen mutu ini merupakan upaya efektif dan strategis untuk dapat meningkatkan indikator kinerja secara bertahap dan berkelanjutan, sehingga arah menuju visi misi dan tujuan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Adapun manfaat dari penerapan sisitem manajemen mutu ISO 9001:2015 untuk Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah:

  1. Mampu secara konsisten menyediakan lulusan yang memenuhi kebutuhan pelanggan.
  2. Berpeluang memfasilitasi pelanggan terkait peningkatan kepuasan pelanggan.
  3. Mampu menunjukkan kesesuaian dengan persyaratan sistem penjaminan mutu internal yang telah dilakukan selama ini.
  4. Mampu menangani resiko dan peluang

Beberapa hal khusus dari sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 adalah: (Selengkapnya…)

C. Sasaran Mutu

Standar mutu Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melakukan pendekatan proses saat mengembangkan, mengimplementasikan dan meningkatkan efektivitas sistem manajemen mutu, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memenuhi persyaratan pelanggan.

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memahami dan mengelola proses yang saling terkait sebagai suatu system kontribusi untuk efektivitas dan efisiensi dalam mencapai hasil yang diinginkan seperti yang tertuang dalam visi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pendekatan ini memungkinkan untuk mengontrol hubungan timbal balik dan saling ketergantungan anatar proses dari system yang digunakan dalam Fakultas, sehingga kinerja keseluruhan dapat ditingkatkan.

Pendekatan proses melibatkan definisi sistematis dan pengelolaan proses, dan interaksi sehingga mencapai hasil yang diinginkan sesuai harapan kebijakan mutu dan sasaran mutu Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Manajemen proses dan system secara keseluruhan dapat dicapai dengan menggunakan siklus PDCA (Plan Do Check Act) dengan focus keseluruhan pada pemikiran berbasis resiko dengan tujuan mengambil keuntungan dari peluang dan mencegah dari yang tidak diinginkan.

Penerapan pendekatan proses dalam system manajemen mutu memungkinkan: (Selengkapnya…)

D. Standard Operating Prosedure (SOP)

Standard Operating Prosedur (SOP) pada dasarnya adalah pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada dalam suatu organisasi yang digunakan untuk memastikan bahwa semua keputusan dan tindakan, serta penggunaan fasilitas-fasilitas proses yang dilakukan oleh orang-orang dalam organisasi berjalan secara efisien dan efektif, konsisten, standar dan sistematis. Dengan adanya sistem manual standar atau (SOP) diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja layanan yang diberikan oleh fakultas teknik. Dengan adanya instruksi kerja yang terstandarisasi maka semua kegiatan layanan akan dapat dilakukan secara konsisten oleh siapapun yang sedang bertugas melakukan layanan. Layanan-layanan yang berbelit dan tidak jelas prosedur operasinya akan semakin terminimalisir. Disamping konsistensi layanan hal lain yang akan dihasilkan adalah efisiensi dan efektifitas kerja. Dengan prosedur yang terstandar setiap orang baik pengguna layanan maupun staf yang memberi layanan akan dapat memanfaatkan ataupun melakukan layanan yang semakin hari semakin baik dan semakin cepat karena terjadinya proses pembelajaran yang secara terus menerus terjadi selama proses layanan. Dengan demikian dapat dipastikan melalui SOP ini akan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja layanan. Berikut ini daftar SOP Akademik Fakultas Teknik :

  1. Pelayanan Akademik Perubahan Kartu Rencana Studi (KRS)
  2. Pelayanan Akademik Evaluasi dan Penilaian KBK
  3. Pelayanan Akademik Pelaksanaan Remidiasi
  4. Pelayanan Akademik Pengajuan Beasiswa
  5. Pelayanan Akademik Proses Beasiswa Bidikmisi
  6. Pelayanan Akademik Perubahan Nilai Matakuliah
  7. Pelayanan Akademik Pelaksanaan Kerja Praktek
  8. Pelayanan Akademik Penyerahan Tugas Akhir
  9. Pelayanan Akademik Proses Pendaftaran Yudisium
  10. Pelayanan Akademik Proses Pembekalan Calon Wisudawan
  11. Pelayanan Akademik Penanganan Pelanggaran Etik
  12. Pelayanan Akademik Proses Mahasiswa Drop Out
  13. Pelayanan Akademik Pelaksanaan Wisuda
  14. Pelayanan Akademik Proses Cuti Kuliah
  15. Pelayanan Akademik Proses Pindah Kuliah
  16. Pelayanan Akademik Administrasi Perkuliahan
  17. Pelayanan Akademik Bebas Referensi
  18. Pelayanan Akademik Pelaksanaan Tugas Akhir
  19. Pelayanan Administrasi Proses Dispensasi Pembayaran SPP
  20. Pelayanan Administrasi Pelayanan Laboratorium
  21. Pelayanan Administrasi Peminjaman dan Pengembalian Alat Fakultas
  22. Pelayanan Administrasi Pelayanan Akademik Penyempurnaan dan Peninjauan Kurikulum
  23. Pelayanan Administrasi Legalisasi Ijasah dan Transkip
  24. Pelayanan Administrasi Proses Surat Keluar
  25. Pelayanan Administrasi Proses Surat Masuk
  26. Pelayanan Administrasi Pembuatan Proposal Kemahasiswaan
  27. Pelayanan Administrasi Proses Peminjaman atau Penggunaan Mobil Dinas
  28. Pelayanan Administrasi Keuangan LPJ Kegiatan Mahasiswa
  29. Pelayanan Administrasi Keuangan Pengajuan RKA
  30. Pelayanan Administrasi Perjalanan Dinas
  31. Pelayanan Administrasi Peminjaman dan Pengembalian Alat Laboratorium
  32. Pelayanan Administrasi Pengajuan Jabatan Fungsional Dosen
  33. Pelayanan Administrasi Pelaporan Evaluasi Program Studi PDDIKTI
  34. Pelayanan Administrasi Pemberian Sanksi Terhadap Mahasiswa
  35. Pelayanan Administrasi Penanganan ALUMNI
  36. Pelayanan Administrasi Penataan ARSIP
  37. Pelayanan Administrasi Penyusunan Borang Akreditasi
  38. Pelayanan Administrasi Pengajuan Sponsorship
  39. Pelayanan Administrasi Permintaan ATK
  40. Pelayanan Administrasi Peminjaman Ruang
  41. Pelayanan Administrasi Peminjaman Koleksi Referensi Untuk Fotokopi
  42. Pelayanan Administrasi Pembuatan Surat Keterangan Aktif
  43. Pelayanan Akademik Penyerahan Nilai Matakuliah
  44. Pelayanan Administrasi Proses Kerjasama
  45. Pelayanan Administrasi Pengajuan Anggaran Mengikuti Kegiatan Seminar
  46. Kebijakan Mutu Fakultas Teknik
  47. Prosedur Audit Internal
  48. Prosedur Pengendalian Dokumen
  49. Prosedur Pengendalian Rekaman
  50. Prosedur Tindakan Pencegahan
  51. Prosedur Tindakan Perbaikan
  52. Prosedur Tinjauan Manajemen
  53. Sasaran Mutu dan Rencana Kerja Fakultas Teknik
  54. Sistem Manajemen Mutu Fakultas Teknik

E. Sistem Informasi Pendukung

  1. Sistem Informasi Arsip Universitas
  2. Sistem Informasi Arsip Fakultas
  3. AMAI (Audit Mutu Akademik Internal)
  4. Sistem Anggaran Universitas
  5. Sistem Anggaran Fakultas
  6. Sistem Informasi Eksekutif
  7. Sistem Informasi Kemahasiswaan Teknik
  8. Sistem Informasi Akademik
  9. Simkatmawa
  10. Sistem Catur Dharma Fakultas Teknik