Tadarus bersama dan konsolidasi karyawan Fakultas Teknik merupakan agenda rutin bulanan yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada setiap hari jumat di minggu pertama setiap bulan. Agenda ini merupakan penerapan pembinaan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di lingkungan civitas akademika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Agenda ini dibuka dan dipimpin langsung oleh pimpinan Fakultas Teknik yaitu bapak Jazaul Ikhsan, S.T., M.T., Ph.D. dengan membaca Al-Qur’an bersama-sama sebagai upaya siraman rohani dan menjelaskan setiap makna yang terkandung surah di dalam Al-Qur’an. Selanjutnya disampaikan oleh Bapak Aris Widyo Nugroho, S.T., M.T., Ph.D. selaku Wakil Dekan bidang Sumber Daya dan Kemahasiswaan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terkait perkembangan dan evaluasi bulanan serta penyampaian beberapa informasi yang bersangkutan dengan kinerja karyawan di lingkungan Fakultas Teknik.

Agenda inti yaitu pengajian yang disampaikan oleh Bapak Asep Setiawan, S.Th.I., M.Ag. selaku dosen Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Tema yang dibawakan kali ini cukup menarik yaitu ‘Menyongsong Ramadhan’. Beliau menyampaikan bahwa “sebagai seorang muslim harus mempersiapkan diri dalam memasuki bulan ramadhan yang tinggal menghitung hari. Sebagai bulan yang penuh berkah dan ampunan, seorang muslim seyogyanya dapat menunaikan kewajibannya selama 1 bulan penuh dalam menunaikan ibadah puasa. Persiapan yang harus dilakukan yaitu persiapan lahiriyah dan bathiniyah, tanpa kedua hal tersebut maka seorang muslim tak mampu menghadapi bulan ramadhan dengan hati yang lapang dan ikhlas”