Organisasi Mahasiswa

BEM KMFT UMY

Awal mula BEM FT berdiri setelah 2 tahun fakultas teknik didirikan. Hingga pada periode 2004-2005 terjadi perpecahan internal sehingga keberadaannya sempat mengalami masa vakum sampai dengan tahun 2012. Dengan semangat juang tinggi serta komitmen yang kuat maka BEM KMFT UMY didirikan lagi pada tanggal 19 November 2013. BEM KMFT tidak berdiri sendiri melainkan bersama dengan himpunan mahasiswa jurusan yang dinaunginya (HMS, KMTE, HMM, KMTI) dan Lembaga DPM dalam sebuah keluarga mahasiswa fakultas teknik. Sampai sekarang BEM KMFT sudah memasuki usianya yang ke empat. Gubernur terpilih Muhammad Wahyu Ramadhan membagi program kepngurusan menjadi tiga poin yaitu kekeluargaan, berkualitas, dan aktif (kualitatif).

DPM FT UMY

Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) merupakan sebuah lembaga di lingkup kampus yang sistemnya sama dengan sistem di Indonesia, seperti DPRD atau DPR-RI. Fungsinya juga sama, namun jika di lingkup kampus menggunakan Student Government, yaitu “untuk mahasiswa, kepada mahasiswa, oleh mahasiswa”, dan objeknya mahasiswa.” Lembaga Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) ini mewakili mahasiswa untuk mengawasi kinerja dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan juga Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) di Fakultas Teknik, karena aspirasi dari mahasiswa baik berupa aspirasi mengenai fasilitas di fakultas teknik atau kegiatan lembaga di Fakultas Teknik akan dikelola oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan diajukan kembali sebagai evaluasi tiap-tiap lembaga. Dalam mempermudah Mahasiswa Fakultas Teknik dalam menyampaikan aspirasinya DPM FT menyediakan mading aspirasi yang berlokasi di Loby F4 F1 dan juga bisa konsultasi ke media sosial DPM FT, Official Line:@oxv0608t IG:@dpmftumy

HMM FT UMY

Himpunan Mahasiswa Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HMM UMY) merupakan badan atau lembaga yang dibentuk untuk menjadi wadah aspirasi mahasiswa Program Studi S-1 Teknik Mesin . Dalam kegiatannya HMM UMY dipimpin oleh Ketua Umum dan Wakil Ketua , yang dibantu oleh Sekretaris, Bendahara, dan Divisi.

Saat ini HMM UMY memiliki pengurus sebanyak 55 orang, 7 orang adalah Pengurus Harian (PH) dan sisanya menduduki jabatan di enam Divisi yang ada. PH terdiri dari Ketua Umum, Wakil Ketua, dua Sekretaris, dan tiga Bendahara. Dalam satu Divisi, terdapat satu kepala divisi, 1 sekretaris divisi, dan sisanya berperan sebagai staff.

HMS FT UMY

Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HMS UMY) merupakan organisasi yang bergerak untuk memajukan Jurusan Teknik Sipil. Dalam kegiatannya HMS UMY dipimpin oleh Ketua Umum dan Wakil Ketua , yang dibantu oleh Sekretaris, Bendahara, dan Divisi. HMS UMY terdiri dari enam divisi yaitu Divisi Pengembangan Potensi Sumber Daya Mahasiswa, Divisi Kesejahteraan Mahasiswa, Divisi Profesi, Divisi Dana dan Usaha, Divisi Komunikasi dan Informasi, dan Divisi Sosial dan Keagamaan.

KMTE FT UMY

KMTE (Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro) adalah merupakan himpunan mahasiswa berbasis kekeluargaan di Prodi Teknik Elektro UMY. Organisasi ini berfungsi untuk mewadahi dan memfasilitasi mahasiswa teknik elektro dalam berbagai hal di lingkungan kampus yang bertujuan agar seluruh mahasiswa teknik elektro dapat mengapresiasikan krearivitas dan softskill mereka dalam berbagai bidang keilmuan melalui 5 divisi yang ada di KMTE UMY, diantaranya Divisi Organisasi, Divisi Minat & Bakat, Divis Workshop, Divisi Media Informasi, dan Divisi Relasi.

IMM FT UMY

IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) ialah organisasi mahasiswa Islam di Indonesia yang memiliki hubungan struktural dengan organisasi Muhammadiyah dengan kedudukan sebagai Organisasi Otonom. Memiliki tujuan terbentuknya akademisi Islam yang berakhlak mulia dalam rangka mencapai tujuan Muhammadiyah. IMM juga memiliki semangat “Fastabiqul Khoirot” yang memiliki arti “Berlomba-lomba dalam kebaikan”.

KMTI UMY

Keluarga Mahasiswa Teknologi Informasi yang disingkat KMTI, adalah sebuah organisasi yang berbasis massa di lingkup mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, tepatnya di Jurusan Teknologi Informasi. Didirikan di Yogyakarta pada tanggal 27 Muharram 1433 H, bertepatan dengan tanggal 22 Desember 2011 M.

Pada periode KMTI 2017/2018, pengurus KMTI berjumlah 87 orang terdiri dari Pimpinan Harian yaitu Ketua Umum dibantu Staf Ketua Umum I dan II, Wakil Ketua, Sekretaris Umum, Sekretaris 1, Bendahara Umum Serta Badan Pengurus Harian yang memiliki Ka. Divisi dan Sekretaris Divisi dibantu para staf masing-masing divisi. Adapun 5 divisi KMTI yaitu Kerohanian (KH), Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), Kewirausahaan (KWU), Media Propoganda dan Humas (MedProH) serta Seni Budaya dan Olahraga (SBO).