UMY dan KMUT Thailand

Dalam rangka mencapai world class university, UMY menjalin kerjasama dengan King Mongkut’s University of Technology Thonburi, Thailand (KMUTT) pada akhir Desember 2015 (29/12) bertempat di Kampus Terpadu KMUTT, Thung Khru, Bangkok. Kerjasama ini dikhususkan untuk Fakultas Teknik UMY yang saat ini sedang mengembangkan internasionalisasi fakultas, melalui peningkatan kerjasama dengan beberapa negara di ASEAN. KMUTT merupakan salah satu universitas terkemuka di kawasan Asia Tenggara dan berada pada peringkat ke 55 Asia University Rankings menurut Times Higher Education. Kerjasama ini meliputi student exchange, internship program with KMUTT companies partner, summer school, research collaboration, dan visiting professor.

Ini merupakan kerjasama pertama antara Fakultas Teknik UMY dengan KMUTT yang diwakilkan oleh Wakil Dekan II bidang Kerjasama Fakultas Teknik UMY, Slamet Riyadhi, Ph.,D. dengan Mrs. Sasima Juwasophi, Direktur Urusan Kerjasama Internasional KMUTT. Program dalam kerjasama ini akan mulai dilaksanakan pada semester berikutnya di kedua universitas. KMUTT adalah universitas yang berfokus pada bidang keteknikan di Thailand. Hal ini menjadi alasan Fakultas Teknik menjadikan KMUTT sebagai corporate partner university.

Selain itu, menurut Direktur Urusan Kerjasama Internasional KMUTT, kampus terpadu KMUTT berlokasi di daerah komunitas muslim Bangkok sehingga sangat cocok untuk bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Yogykarta yang merupakan kampus Unggul dan Islami, terutama pada program pertukaran mahasiswa. Mayoritas mahasiswa UMY yang beragama muslim dapat mudah beradaptasi dengan lingkungan KMUTT, jelasnya.

Selanjutnya, melalui kerjasama ini diharapkan kedua universitas ini bisa memiliki hubungan yang baik serta memberi manfaat dua arah bagi kedua universitas agar tercipta kerjasama lanjutan antar kedua universitas. (Anya)