Sebagai upaya memberikan wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan ide-ide maupun gagasan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kembali mengadakan Sosialisasi PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) pada Jum’at (05/10) bertempat di Stadium General Gedung Siti Walidah F1 Lantai 2. Diikuti puluhan mahasiswa Fakultas Teknik dari 4 (empat) program studi, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin dan Teknik Informatika yang antusias mengikuti sosialisasi tersebut.

“Setiap tahun mahasiswa teknik selalu mewakili UMY dalam PIMNAS sebuah ajang bergengsi sebagai tolak ukur dari prestasi penalaran dan kreativitas mahasiswa di Indonesia. Tahun ini mahasiswa Teknik Mesin berkolaborasi dengan mahasiswa keperawatan dalam menciptakan Kasur Pintar Berteknologi “Miring-Miring Sehat” sebagai upaya pengurangan resiko timbulnya luka tekan pada pasien yang harus berbaring lama di rumah sakit dan dengan adanya PKM ini harapannya akan lebih banyak kreativitas yang dapat dihasilkan oleh mahasiswa dari Fakultas Teknik untuk kemaslahatan umat,” ujar Bapak Aris Widyo Nugroho, Ph.D dalam sambutannya sebagai Wakil Dekan bidang Sumber daya dan Kemahasiswaan fakultas Teknik UMY.

Sosialisasi tersebut menghadirkan pembicara dari Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni yaitu Bapak Sugito, S.IP., M.Si. yang telah berpengalaman dalam bidang PKM menjelaskan terkait klasifikasi PKM dan tips dalam membuat gagasan/ide dengan nama yang kreatif. Tentunya tidak hanya itu, output yang dihasilkan dapat membawa kebaikan bagi kemaslahatan umat baik dalam segi pengembangan ilmu pengetahuan maupun teknologi.

Harapannya dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, semakin banyak prestasi yang dihasilkan oleh mahasiswa Fakultas Teknik melalui Program kreativitas Mahasiswa dan mampu berdaya saing dengan mahasiswa dari perguruan Tinggi lainnya.