umy-dan-utm

Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) 2016 mengadakan kuliah umum, Rabu (07/12) diruang sidang FT UMY. Kuliah umum ini merupakan salah satu kerjasama yang sudah terjalin dengan Perguruan Tinggi luar negeri, salah satunya dengan Universitas Teknologi Malaysia (UTM). Sebagai tindak lanjut dari kerjasama tersebut, Fakultas Teknik Jurusan Elektro UMY menerima kunjungan  Assoc. Prof. Dr. Jafri Bin Din (Faculty of Electrial Engineering Universiti Teknologi Malaysia) dalam rangakaian diskusi sekaligus mengisi pemateri  kuliah umum.

Kuliah umum dimulai pukul 12.30 wib yang dibuka oleh dosen teknik elektro Indar Surahmat, ST,M.Eng.  Assoc. Prof. Dr. Jafri Bin Din sebelum menyampaikan materi inti kuliah umum, beliau memperkenalkan secara detail tentang Universiti Teknologi Malaysia. Pada kesempatan tersebut dihadapan puluhan mahasiswa yang hadir beliau menyampaikan kuliah umum yang membahas tentang Wireless Communication atau dikenal dengan istilah Telekomunikasi Nirkabel  yaitu transfer informasi antara dua atau lebih titik yang tidak terhubung secara fisik. Jarak bisa pendek, seperti beberapa meter untuk remote control televisi, atau sejauh ribuan bahkan jutaan kilometer untuk ruang-dalam komunikasi radio..

Pengertian wireless sendiri adalah teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media perantara pengganti kabel. Sekarang ini teknologi wireless berkembang sangat pesat sekali, secara kasat mata dapat kita lihat dengan semakin banyaknya penggunaan telepon sellular, disamping itu berkembang juga teknologi wireless yang digunakan untuk akses internet. Contoh lain dari teknologi nirkabel termasuk GPS unit, pembuka pintu garasi atau pintu garasi, wireless mouse komputer, keyboard dan headset (audio), headphone, penerima radio, televisi satelit, siaran televisi tanpa kabel dan telepon. Acara kuliah umum diakhiri dengan sesi diskusi dan Tanya jawab. (junda)