Kunjungan Riset MJIIT di UTM Malaysia

Februari 1, 2017 oleh : admin

 

Dalam rangka menindaklanjuti program Internationalisasi, staf pendidik Prodi Teknik Mesin UMY melakukan kunjungan ke Mechanical Precision Engineering, Malaysia-Japan International Institute of Technology (MJIIT) di Universitas Teknologi Malaysia (UTM) di International Campus, Senin (16/01/17) di Malaysia.

Kunjungan tersebut diterima oleh Prof. Noriyuki Kuwano selaku  Kejuruteraan Mekanikal Kejituan di MJIIT. MJIIT adalah perguruan tinggi di Malaysia yang mengkombinasikan antara sistem pendidikan tinggi Malaysia dengan metode penelitian yang dimiliki oleh negara Jepang.

Pertemuan dilakukan di ruang sidang yang disambutan oleh tuan rumah yaitu Prof Noriyuki Kuwano. Sedangkan sambutan dari delegasi Prodi Teknik Mesin diberikan oleh PIC Program Internationalsisasi Prodi yaitu Berli Paripurna Kamiel, ST, MSC, PhD. Selanjutnya  pada sesi presentasi riset pertama, Harini Sosiati, S.T., M.Eng., Ph.D. selaku dosen teknik mesin UMY mempresentasikan penelitian  yang telah dilakukan oleh Group Riset Material di Prodi Teknik Mesin yaitu tentang  rekayasan paduan Titanium sebagai material biomedik, nano komposit  dengan matrik polimer biodegradable dan serat nano selulosa sebagai penguat,  dan rekayasa material Plastik untuk teknologi tepat guna. Kemudian presentasi dilanjutkan oleh Prof. Noriyuki Kuwano yang mempresentasikan penelitiannya tentang Rekayasa Material untuk Device and Polymer. Acara kemudian dilanjutkan dengan forum diskusi tentang riset yang sudah dan sedang dilakukan dan kemungkinan penjajagan riset bersama dan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk kerjasama dibidang penelitian secara institusional. Kunjungan ini diakhiri dengan Visiting Laboratory, delegasi fakultas teknik UMY diajak untuk melihat fasilitas-fasilitas Laboratorium yang ada di MJIIT yaitu di Laboratory Elektron Microscopy, Laboratorium  Analisis Kimia dan Laboratory Advanced Material.

Saat ini, MJIIT telah melakukan kolaborasi riset dan pendidikan dengan beberapa  perguruan tinggi negeri di Indonesia. Untuk rencana ke depan, Fakultas Teknik khususnya Prodi Mesin UMY dan MJIIT berencana untuk melakukan kolaborasi riset dengan membuat suatu tim riset yang masing-masing beranggotakan peneliti yang berasal dari negara Indonesia, Malaysia dan Jepang.