Pada hari Selasa tanggal 06 Maret 2018, LP3M Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyelenggarakan Klinik Drafting Paten dan Dokumen Hak Cipta. Agenda ini dlaksanakan di ruang Stadium General (SG) UMY gedung F3 pada pukul 08.00-15.00 WIB. Adapun peserta dalam agenda ini adalah 33 Dosen UMY yang telah memiliki Draft Paten dan Dokumen Hak Cipta serta beberapa Dosen dari Program Studi UMY.

Divisi Inovasi dan Produk Unggulan LP3M UMY sebagai penanggung jawab dalam agenda rutin Klinik Drafting Paten dan Dokumen Hak Cipta mengundang mengundang Dr. Budi Agus Riswandi S.H., M.Hum yang merupakan Ketua Asosiasi Central Kekayaan Intelektual Indonesia (ASKII) sebagai pemateri dalam agenda ini.

Dalam Drafting Paten dan Hak Cipta, Dr. Budi Agus Riswandi S.H., M.Hum menjelaskan tentang teknik penyusunan spesifikasi paten, proses dalam kekayaan intelektual, tips dalam mengajukan hak paten, perbedaan hak paten dan hak cipta, hubungan Kekayaan Intelektual (KI) dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Dr. Budi Agus Riswandi dalam menyampaikan materi menyampaikan “Gagasan atau ide kita harus di implementasikan dalam aktivitas intelektual dan menjadi salah satu kekayaan intelektual, Kekayaan Intelektual juga harus mengandung kreatifitas dan eksklusifitas” ujar Ketua Asosisiasi ASKII ini. Selain memberikan materi tentang Drafting Paten dan Hak Cipta, Dr. Budi juga mendampingi langsung atau melakukan praktek drafting Paten dan Hak Kekayaan Intelektual bersama para peserta.