Dalam rangka pengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan sivitas akademika dalam mengamalkan dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini tertera dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan tinggi Pasal 45. Untuk menunjang hal tersebut, LP3M UMY mengadakan “Sosialisasi kegiatan Tridarma Tahun Anggaran 2018/2019” yang telah dilaksanakan pada Jum’at (02/10) bertempat di Stadium General Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Gedung F1 Lt.2 yang dihadiri oleh dosen-dosen Fakultas Teknik UMY.

Dekan Fakultas Teknik, Jazaul Ikhsan, S.T., M.T., Ph.D. menyampaikan bahwa “dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menunjang dan memberikan arahan kepada dose-dosen yang ada di Fakultas Teknik untuk turut serta aktif dalam program hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang nantinya hal tersebut dapat memberikan output berupa publikasi maupun pengembangan IPTEK di lingkungan masyarakat.” “Tidak menutup kemungkinan bahwa dosen dapat mengajak mahasiswanya untuk dapat berperan dalam agenda penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai upaya pengembangan soft skill mahasiswa sebelum nantinya benar-benar terjun dalam dunia masyarakat”, imbuhnya.

Sosialisasi ini menghadirkan tiga pembicara dari LP3M (Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat) Univeristas Muhammadiyah Yogyakarta yaitu Dr. Dyah Mutiarin, M.Si, Dr. Adhianti Nur Jannah, S.Sos, M.Si,  dan Dianita Sugiyo, S.Kep. Ns., MHID. Tujuan utama dari sosialisasi ini adalah memberikan informasi kepada semua dosen Fakultas Teknik UMY agar mereka melaksanakan tugas dari Tridharma tersebut. Jadi melalui sosialisasi ini semua dosen yang ingin mengajukan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat menjadi lebih jelas, sehingga kegiatan dan pelaksanaan Tridharma ini khususnya pada bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta publikasi, nantinya bisa lebih efektif dan efisien. (Hery)