Dalam rangka Collaborative Research Project antara Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Kyushu University Japan, mahasiswa Prodi Teknik Mesin Ilham Dwi Septiaji akan melakukan penelitian di Kyushu University, Japan. Penelitian ini akan dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus-3 September 2018.

Adapun topik penelitian yang akan dilakasanakan adalah “Development of Hight Strength Biodegredable Nanofiber Composites of Polylactic Acid Reinforced with Natural Nanomaterials,” Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan pembalut luka dengan menggunakan bahan-bahan alami yang dibimbing oleh  Dr. Ir. Harini Sosiati. M.Eng sebagai pembimbing utama dan Aris Widyo Nugroho, S.T., M.T., Ph.D sebagai pembimbing pendamping. Selain melakukan penelitian, Ilham Dwi Septiaji juga mengikuti symposium yang bertemakan “Micro and Nano Analysis” dalam sesi poster.

Menurut Ilham Dwi Septiaji yang mendapatkan kesempatan melakukan penelitian di Kyushu University, penelitian ini merupakan kerjasama yang dibangun oleh UMY dan Kyushu University, Japan. Penelitian ini akan berkelanjutan dan Ilham pun akan membawa spesimen untuk di uji di Kyushu University. Adapun spesimen yang akan dibawa adalah membran nanofiber dengan bahan-bahan Nanoemulsi Kitosan serta matriks Polyvinyl Alkohol (PVA), selanjutnya spesimen tersebut akan dicampur dan direkayasa dengan bahan alam lainnya seperti lendir bekicot, alovera, atau selulosa.

“Penelitian ini merupakan salah satu bentuk pembentukan kolaborasi kerjasama penelitian antara UMY dan Kyushu University, saya juga akan membawa beberapa spesimen untuk di uji dan di diskusikan Bersama di Kyushu University,” jelasnya.

Kolaborasi penelitian yang dilakukan antara Kyushu University, Japan dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini akan berlangsung selama 5 tahun ke depan, dimana Kyushu University Japan dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melaksanakan kerjasama baik dalam student exchange, collaboration research,  dan program lainnya.