Setelah Opening Ceremony di Stadium General (SG) Fakultas Teknik UMY pada hari Jumat, tanggal 20 Oktober 2017. Para mahasiswa dari Universiti Putra Malaysia dan mahasiswa Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta langsung melakukan kunjungan ke Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid (PLTH) di Jln.  Pandansimo, Bantul Yogyakarta.

Kunjungan ini merupakan rangkaian agenda Student Mobility Universiti Putra Malaysia bersama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta agar para mahasiswa dapat belajar dan berinteraksi bersama. Setibanya di Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid para mahasiswa di ajak untuk melihat Panel-panel Surya dan Kincir Angin serta dijelaskan juga mekanisme proses energi terbarukan tersebut.

Seperti yang dijelaskan oleh tim PLTH bahwa Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid ini menggunakan potensi sumber daya angin laut dan angin darat di Pantai Pandansimo, Bantul Yogyakarta. Di lokasi yang sama juga terdapat sekitar 200 lebih panel surya berkapasitas 29 KW.

Setelah mendapatkan penjelasan sekitar 2 jam tentang alat dan mekanisme panel surya, para mahasiswa pun diajak mengunjungi pantai Pandansimo, dikarenakan PLTH merupakan sebuah tempat wisata edukasi yang juga menyuguhkan salah satu keindahan pantai di Yogyakarta.

Listik di pesisir pantai Pandansimo ini juga dipasok dari Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid yang merupakan gabungan dari pembangkit listrik tenaga surya dan angin. Daerah Pandansimo juga menerapkan sistem terintegrasi baik di bidang pertanian, perikanan dan kawasan wisata alam dengan menggunakan bahan ramah lingkungan seperti biogas dari sia kotoran ternak sapi.