Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Muhammad Ahdan Fawwaz Nurkholid, menerima besiswa penelitian dari  National Chung Cheng University, Taiwan. Beasiswa penelitian tersebut di berikan kepada beberapa mahasiswa Indonesia, Thailand, dan mahasiswa dari negara-negara lainnya.

Setelah melakukan proses pendaftaran, pengumpulan data, judul penelitian hingga wawancara, Muhammad Ahdan Fawwaz dinyatakan lulus dan mendapatkan kesempatan untuk melakukan penelitian di National Chung Cheng University, Taiwan. Adapun proyek penelitian yang dilakukan adalah “Indoor localization and target tracking based on multiple sensors” yang dibimbing oleh Prof. Ching Hunag dari Departement Teknik Elektro CCU.

Penelitian ini berlangsung selama 8 minggu, meliputi orientasi, pendaftaran dan pengenalan laboratorium penelitian dan kampus, pelatihan penggunaan database perpustakaan, jaringan dan e-journal, pengumpulan dan pembelajaran makalah teknis, pembahasan dan perancangan metode eksperimental, penyajian hasil eksperimen dan pengumpulan laporan proyek serta di akhiri dengan presentasi akhir dan laporan proyek penelitian.

Akomodasi yang didapatkan Ahdan Fawwaz dari National Chung Cheng University meliputi biaya penerbangan, transportasi selama para peneliti berada di Taiwan, uang saku dan akomodasi selama kegiatan berlangsung di kampus National Chung Cheng University.

“Disini saya banyak sekali mendapatkan pengalaman baru, baik melakukan penelitian dan pembelajaran yang belum pernah saya pelajari sebelumnya, jika di Indonesia mengerjakan proyek Bersama-sama, di CCU kita harus mengejakan sendiri atau individual, waktu disini dan Indonesia juga berbeda, sehingga saya pun harus menyesuaikan waktu sholat dan kegiatan lainnya” jelas Ahdan dalam sesi wawancara.

Ahdan menuturkan bahwa para mahasiswa dan masyarakat Taiwan juga ramah,  “Perbedaan budaya Indonesia dan Taiwan terasa sekali, bisa dikatakan kehidupan di Taiwan individualis tetapi setelah mengenal lebih dekat dengan masyarakat Taiwan dan mahasiswa CCU, mereka sungguh ramah tamah terhadap kami yang berasal dari negara-negara lain” ujarnya.