Juara Kombat 1

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kembali mengukir prestasi pada gala Kompetisi MuatanRoket dan Muatan Roket Indonesia (Komurindo) dan Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (Kombat) pada tanggal 24 – 27 Agustus 2016 yang lalu,. Kompetisi yang diselenggarakan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) berserta Kemernterian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), di Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat. Tiga mahasiswa Teknik Elektro yaitu Try Ahmad Agus, Danardono, Vendy Dwi Hendra N yang tergabung dalam tim Mr.Cube berhasil membawa pulang juara II pada Komurindo Kombat 2016.

Komurindo-Kombat merupakan kompetisi tahunan rancang bangun muatan roket dan roket EDF (Electric Ducted Fan) tingkat perguruan tinggi yang diselenggarakan sejak 2009. Kompetisi ini untuk mengamati atmosfer dari permukaan bumi dengan menggunakan balon sonde atau radiosonde yang memberikan informasi mengenai parameter-parameter atmosfer. Selain itu, mahasiswa juga belajar membangun roket EDF. Tahun ini peserta Komurindo-Kombat sebanyak 35 institusi.

Ketua tim Mr.Cube, Try Ahmad Agus mengaku tidak menyangka akan mendapatkan juara II pada tingkat Kompetisi Nasional ini. Walopun belum membawa juara unggulan, namun ia bertekad untuk memperbaiki di tahun depan. “Alhamdulillah, kami sudah bisa membawa juara II pada Kompeti Komurindo-Kombat 2016, walaupun belum seperti yang diharapkan. Pengalaman tahun ini sangat berharga bagi kami. Kelebihan dan kekurangan akan kami perbaiki untuk tahun depan agar lebih baik, “ujar Try Ahmad Agus, ketua tim Mr.Cube

Sementara itu, Rama Okta Wiyagi., S.T., M.Eng selaku dosen pembimbing mengapresiasi capaian yang ditorehkan oleh tim Mr.Cube tersebut. Menurutnya Penghargaan yang diraih ketiganya tersebut rupanya juga tidak lepas dari usaha mereka selama enam bulan persiapan, bagaimanapun hasilnya harus disyukuri dan harus ada evaluasi untuk prestasi yang lebih baik di tahun depan. Untuk itu evaluasi akan kami lakukan dan berharap angkatan selanjutnya bisa melakukan yang lebih baik lagi ke depan,” tutupnya. (Junda)