Kontes Robot Indonesia (KRI) merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebagai ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika. Dalam penyelenggarakaan Kontes Robot Indoenesia, ada beberapa divisi yang dapat diikuti oleh mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia yaitu,  Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid,  Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, dan divisi baru Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI). Pada KRI 2019 ini, divisi KRTMI hanya dipertandingkan di Kontes Tingkat Nasional.

KRI 2019 dilaksanakan bekerja sama dengan Perguruan Tinggi yang ditunjuk untuk menyelenggarakan Kontes Tingkat Regional dan Kontes Tingkat Nasional. Kontes Tingkat Regional diselenggarakan pada 4 (empat) wilayah Regional, yaitu: Regional 1 (area Sumatera), Regional 2 (area Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Kalimantan bagian barat, dan Sulawesi), Regional 3 (area Jawa bagian tengah, kalimantan bagian timur dan selatan), dan Regional 4 (area Jawa bagian timur, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua).

Tim robot yang diberi nama MR_COOL MK8 yang merupakan generasi ke delapan yang dikembangkan oleh Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berhasil meraih juara 3 dan desain robot terbaik yang di selenggarakan di Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto pada tanggal 25-27 April 2019. Dari perolehan prestasi tersebut, TIM Robot UMY menjadi salah satu tim yang mewakili Regional III Untuk Bertanding ke tingkat Nasional yang akan diadakan di Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) Semarang pada tanggal19-23 Juni 2019. Tim Robot MR_COOL MK8 digawangi oleh Lutfi Ardiyanto (Ketua), Ibnu Arseno (Anggota) dan Muhammad Husein Karbala (Mekanik) dengan dosen pembimbing Muhammad Yusvin Mustar, S.T., M.Eng. Keberangkatan Tim Robot sebanyak 30 personil disuport sepenuhnya oleh Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA), dimana Oki Wijaya, ST., MP memimpin delegasi ini.

Yusvin Mustar, ST., MEng., selaku dosen pembimbing menyampaikan bahwa “Pada kontes tersebut Robot MR_COOL MK8 mampu menyelesaikan misi tersebut sehingga mampu mendapatkan juara, dari kontes robot regional III ini, Tim Robot Teknik Elektro UMY melakukan evaluasi dan perbaikan sehingga dapat mempersiapkan robot dengan semaksimal mungkin untuk bertanding ke tingkat nasional, karena di tingkat nasional tantangan akan di hadapi semakin berat, karena kontes robot di tingkat nasional merupakan tim-tim robot yang juara dan terpilih dari beberapa regional sebelumnya”

Dalam divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) regional III, diikuti oleh 29 Perguruan Tinggi, setiap robot akan bertanding pada arena yang telah ditentukan, arena tersebut memiliki empat ruangan yang nantinya salah satu ruangan terdapat titik api, tugas/misi robot mencari/menemukan dan memadamkan titik api tersebut dengan berbagai halangan serta setelah memadamkan api robot mampu kembali keposisi semula dengan waktu yang telah ditentukan.