Autodesk Mesin Singapore 2

Mahasiswa UMY Menerima Sertifikat Pemenang Design Autodesk ASEAN

Selasa (22/03), Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin UMY terbang ke Singapura bersama Wakil Dekan I Fakultas Teknik UMY untuk penyerahan hadiah sebagai Juara Autodesk ASEAN Design Competition 2015 Regional Asia Tenggara. Dalam lomba ini, dua mahasiswa Jurusan Teknik Mesin UMY, Adimas Hanief M dan Martin Andre Setyawan merancang alat cuci darah Portable yang diberi nama “Muhammadiyah Yogyakarta-Wearable Artificial Kidney. Keduanya mengikuti lomba pada kategori manufaktur dengan mendesign alat hemodialysis (alat cuci darah) yang bentuknya seperti tas pinggang yang bisa dipakai dan dibawa kemana-mana.

Ini merupakan kedua kalinya, UMY menjuarai perlombaan Autodesk Design dimana pada tahun sebelumnya, 2015, UMY menjadi pemenang regional dengan rancangan alat bantu gerak (Myx-o) dan mempresentasikannya di Autodesk Panorama di Tong Ji University, Sanghai Cina. Pada tahun ini, penyerahan hadiah langsung diselenggarakan di kantor pusat Autodesk, Singapura sekaligus berpartisipasi dalam Autodesk Panorama yang diikuti oleh juara regional Autodesk lainnya.

Autodesk Panorama ini merupakan kegiatan lanjutan dari Autodesk Design Competition dimana salah satu kegiatannya adalah Workshop Autodesk Fusion 360 Hackhaton. Para Juara Regional ASEAN Design Autodesk mempresentasikan hasil di depan dewan Juri yang kemudian mengikuti perlombaan selanjutnya yaitu merancang alat bertema “Smart City Project”. Pada kompetisi ini, Adimas dan Martin, merancang alat penyaring udara  menggunakan software Fushion 360 yang berbasis cloud dan di presentasikan pada Kamis (24/03). Semua partisipan dalam Autodesk Panorama ini mendapatkan sertifikat Autodesk Panorama. Dua mahasiswa Teknik Mesin UMY menyambut antusias kegiatan ini sebagai wakil dari Indonesia serta regional Asia Tenggara. Kami beruntung bisa mendapatkan pengalaman seperti ini. Harapannya kami akan dapat mengharumkan nama UMY dan Indonesia, ujar Martin.

Diharapkan dengan prestasi ini dapat memacu semangat mahasiswa Teknik lainnya dalam bersaing memberikan inovasi dan kreatifitas baru di kancah internasional