Pada hari Selasa tanggal 24 Oktober 2017, mahasiswa Universiti Putra Malaysia dan Mahasiswa Teknik UMY melakukan kunjungan ke Baron Techno Park yang berlokasi di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta.

Kegiatan ini merupakan salah satu agenda Student Mobility yang dilakukan oleh Universiti Putra Malaysia dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang mana sebelumnya dekanat teknik UMY telah melakukan koordinasi langsung kepada pihak Baron Techno Park Yogyakarta untuk berkunjung ke BTP pada hari yang telah dijadwalkan.

Setibanya di Baron Techno Park, para mahasiswa dan staff yang mendampingi disambut oleh Bapak Ridwan selaku penanggung jawab kunjungan mahasiswa UMY dan UPM. Kegiatan wisata edukasi ini berlangsung sekitar 2 jam, meskipun perjalan yang ditempuh untuk ke BTP ini juga cukup panjang, tetapi antusias mahasiswa setiba dilokasi sangat tinggi dan terlihat begitu bersemangat.

Para mahasiswa Universiti Putra Malaysia dan Mahasiswa Teknik UMY juga mendapatkan penjelasan proses tenaga panel surya, kincir angin dan juga melihat langsung jam matahari raksasa dilokasi tersebut. Dikawasan wisata edukasi tersebut juga terdapat permukaan Solar Panel yang memantulkan cahaya matahari langsung.

Kegiatan wisata edukasi yang dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Universiti Putra Malaysia ini diharapkan agar para mahasiswa dapat belajar secara langsung energi terbarukan ..

Tidak hanya berkunjung ke Baron Techno Park, mahasiswa Fakultas Teknik UMY khususnya kerap kali melakukan kunjungan dan praktek lapangan langsung di berbagai tempat. Selain melakukan kunjungan ke BTP para mahasiswa UMY dan UPM juga telah melakukan kunjungan di Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid sebelumnya.