Dalam program Student Mobility mahasiswa Universiti Putra Malaysia (UPM) terdapat agenda Visiting Laboratory Fakultas Teknik UMY. Agenda Visiting Laboratory ini dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 21 Oktober 2017 dari pukul 09.00- 12.30. Para delegasi dari Universiti Putra Malaysia ini melakukan kunjungan dan belajar di Laboratorium Prodi Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Informasi dan Teknik Elektro.

Para delegasi dibagi ke dalam 4 kelompok dan didampingi perwakilan lembaga teknik UMY yakni perwakilan lembaga Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS), Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM), Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro (KMTE) dan Keluarga Mahasiswa Teknik Informasi (KMTI). Para perwakilan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan Badan Executive Mahasiswa (BEM) teknik UMY juga turut menemani.

Para delegasi dari Universiti Putra Malaysia tidak hanya mendapatkan penjelasan mengenai alat-alat laboratorium  dari perwakilan himpunan mahasiswa teknik UMY, tetapi mereka juga dapat mencoba alat-alat yang tersedia di laboratorium teknik UMY. Mahasiswa dari UPM juga terlihat begitu antusias dalam mengetahui proses pembelajaran di Fakultas Teknik UMY. Tidak hanya antusias yang tinggi dari para delegasi Universiti Putra Malaysia, para himpunan mahasiswa teknik UMY yang menemani juga terlihat bersemangat untuk terus mendampingi para delegasi UPM. Dikarenakan para mahasiswa teknik UMY melihat agenda ini sebagai kesempatan untuk belajar dan membangun relasi antar mahasiswa universitas.

Program Visiting Laboratory ini merupakan salah satu agenda dalam agenda Student Mobility universitasnya. Program ini juga baru dilaksanakan pertama kali, dan diharapkan akan terus berlanjut untuk kedepannya.