Pada tanggal 17-18 Juli 2018, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi tuan rumah monitoring dan evaluasi PKM Ristekdikti Tahun 2018. Agenda ini diselenggarakan di Ruang AR Fachrudin A Lantai 5 UMY selama dua hari. Terdapat 56 tim dari 6 (enam) perguruan tinggi yaitu UPY, Mercubuana, Muhammadiyah Purworejo, AKAKOM, ISI dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang di monitoring dan di evaluasi oleh reviewer untuk mendapatkan penilaian lulus tidaknya 56 tim tersebut ke PIMNAS 2018.

Dari 56 tim yang di monitoring dan di evaluasi, terdapat 25 tim yang merupakan tim dari Universitas  Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang terpilh mendapatkan dana hibah dari KEMENRISTEKDIKTI tahun 2018 dalam program Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM).  25 tim dari UMY turut di monitoring dan di evaluasi, serta melaporkan hasil dari kegiatan PKM yang telah dilaksanakan.

Agenda Monitoring dan Evaluasi PKM Ristekdikti tahun 2018 ini dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMY. Oki Wijaya selaku ketua penyelenggara berharap 25 tim dari UMY dapat lulus semua dan terpilih untuk masuk ke PIMNAS 2018. Dari 25 tim tersebut, terdapat 6 tim yang berasal dari Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, yang turut melaporkan hasil karya PKM mereka.