lomba fido malang

Mahasiswa Teknik UMY dengan mobil hemat energy,  Namazu

Mahasiswa Fakultas Teknik UMY telah berhasil merancang-bangun mobil hemat energy dimana enegi listrik digunakan sebagai tenaga penggeraknya. Mobil listrik buatan mahasiswa Teknik Mesin dan Teknik Elektro UMY ini diberi nama Namazu. Mobil ini dirakit sejak awal September 2015 oleh kelima belas mahasiswa teknik umy yang dibagi menjadi 7 tim inti dan 8 tim eksternal. Ketujuh orang tim inti adalah Adang Mubarok Sidik, Ferdy Winanta Eka, Arif Burhanudin, Gunawan Eka Prasetyo, Dwi Verdi Firmansyah, Muhammad Firdaus, dan Yakeisna Auda dengan Adang Mubarok Sidik sebagai manager tim. Perakitan mobil listrik hemat energy ini  dibantu dan dibimbing oleh  Aris Widyonugroho,Ph.D, selaku dosen prodi Teknik Mesin.
Dari 133 proposal disain yang masuk ke dewan yuri telah terpilih 62 proposal disain untuk berlaga dalam KMHE 2015 yang diselenggarakan Kemenristek Dikti dengan Universitas Brawijaya sebagai tuan rumahnya, dan disain mobil hasil karya mahasiswa Teknik UMY berhasil lolos seleksi ketat tersebut. Di kategori prototype mobil listrik dalam kontes tersebut, Namazu, mobil rancangan Adang Mubarok dan timnya, meraih peringkat kelima besar mengatasi tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang berada pada posisi keenam, disusul Institut Teknologi Nasional Malang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Negeri Surabaya dan menjadi satu-satunya tim dari perguruan tinggi swasta yang masuk dalam peringkat lima besar. Sementara peringkat pertama hingga keempat diraih oleh tim dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Syiah Kuala-Aceh. Protoype mobil masa depan buatan mahasiswa Teknik UMY ini menempuh race pertama dengan energy terhemat mencapai 156,582 km/kwh, Hasil ini masih dapat ditingkatkan dengan mengurangi berat mobil terutama bodi mobil dengan pemilihian bahan yang lebih ringan namun kuat..
Ide pembuatan mobil listrik hemat energi ini dilatarbelakangi oleh minat Adang Mubarok dan teman-temannya untuk mengembangkan mobil ramah lingkungan “Kami berharap ke depannya adik-adik kelas kami dapat meniru langkah kami dalam mengembangkan teknologi mesin dan meraih prestasi di kompetisi-kompetisi nasional maupun internasional, sehingga dapat membawa nama baik bagi UMY sendiri ke ranah yang lebih tinggi dengan menyandang segenap prestasi” tutup Adang. (Anya)