Sebagai salah satu rangkaian kerjasama UMY dan PT. Esri Indonesia, PT. Esri Indonesia juga mengadakan ArcGIS Platform Technical Workshop di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Pelatihan ini di selenggarakan di Ruang Sidang Direktur Gedung Pascasarjana Lantai 1 UMY, agenda ini berlangsung selama dua hari, pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 31 Januari – 01 Febuari 2018 pada pukul 09.00-15.00 WIB.

Peserta dalam pelatihan ini terdiri dari Dosen Fakultas Teknik, Dosen FKIK, Dosen Pertanian serta beberapa mahasiswa dan perwakilan dari Muhammadiyah Disaster Management Center. Adapun dalam pelatihan ini PT. Esri Indonesia memperkenalkan manfaat teknologi dari ArGIS dalam kehidupan sehari-hari. Esri juga mengajarkan para peserta pelatihan dalam pembuatan akun ArGIS baik dalam aplikasi ArGIS online dan juga offline. Aplikasi ArGIS online bisa diakses di handpohone dan juga PC/Laptop, sedangkan aplikasi ArGIS offline diperuntunkan untuk di akses di deskop.

Perwakilan dari PT. Esri Indonesia yang memberikan pelatihan adalah Regina Maria Hitoyo. Pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU antara UMY dan Esri Indonesia, yang mana pihak Esri Indonesia memberikan License Software ArGIS kepada UMY, baik License ArGIS online maupun License ArGIS offline.  License yang diberikan Esri Indonesia kepada Universitas Muhammadiyah ini diharapkan dapat digunakan untuk keperluan pelatihan dan pendidikan civitas akademik.