ncu-taiwan

Menyambut November ini, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali melebarkan sayap dalam bidang internasional melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) / Kerjasama Rekrutmen Mahasiswa pada dua Universitas dengan tema, “The International Student Recruitment held by National Central University (NCU) in Collaboratiuon with Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)”. Rabu (16/11) di Stadium General. Kerja sama ini diinisiasi oleh salah satu staf pengajar Prodi Teknik Sipil Agus Setyo Munthohar, PhD.

Empat delegasi dari NCU mengunjungi UMY untuk memberikan beasiswa pascasarjana dan program doktoral khususnya Fakultas Teknik. Mereka adalah Dr. Hsieh-Lung Hsu as Associate Dean/Professor of Department of Civil Engineering,  Dr. Wei-Hsing Huang the Chairman/ Department of  Civil Engineering, Chih-Ang Chung is Vice Chair/ Department of Mechanical Engineering, Dr. Chao-Min Wu the Assistant Professor / Department of Electrical Engineering disambut

Delegasi NCU tersebut disambut langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Jazaul Ikhsan, Ph.D, Wakil Dekan I Aris Widyo Nugroho PhD dan beberapa Ketua Prodi serta Dosen Fakultas Teknik. Dalam acara ini dipaparkan beberapa program beasiswa, diskusi riset kolaborasi yang mungkin dijalin dan sesi wawancara bagi lulusan S1 yang bermaksud untuk melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi di program Master dan Doktoral NCU Taiwan, itu sebabnya wawancara ini lebih menargetkan mahasiswa fresh graduate dari FT UMY untuk tingkat Master dan staf pengajar FT UMY untuk tingkat Doktoral.

Dekan Fakultas Teknik Jazaul Ikhsan, menyambut dengan senang hati adanya hubungan kerjasama pada dua Universitas ini. Menurutnya,”Kerjasama ini dapat menguntungkan mahasiswa untuk mendapatkan kesempatan pertukaran pelajar (student exchange) dan beasiswa pascasarjana yang diharapkan bisa memperluas ilmu dan wawasan karena adanya kolaborasi dengan dua Universitas ini.  Penandatanganan ini merupakan langkah awal untuk aktivitas-akitvitas kerjasama selanjutnya”.

Dr. Hsieh-Lung Hsu sangat mengapresiasi sambutan yang disampaikan oleh Dekan FT UMY, harapannya, dengan adanya jalinan kerjasama ini pertukaran pelajar (student exchange) dapat terjalin antara dua universitas ini. Selain itu, perkembagan teknologi yang terdapat di NCU juga dapat dirasakan oleh khalayak ramai, khususnya di kalangan pelajar Fakultas Teknik UMY. Dalam hal lain, sisi budaya juga memiliki arti penting dalam penandatanganan kerjasama ini. Yakni, adanya nilai-nilai luhur budaya dari Indonesia yang bisa ditularkan ke mahasiswa lainnya di Negara lain pada umumnya, terutama untuk mahasiswa National Central University pada khususnya.

Setelah sesi Penanda tangan dan diskusi selesai, acara ditutup dengan sesi interview dengan calon mahasiswa pelamar beasiswa NCU. Dalam acara ini mahasiswa dikelompokkan sesuai dengan prodi masing-masing dan diwawancarai langsung oleh Kepala Departemen FT NCU. Harapannya, jalinan kerjasama anatar dua universitas ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. (Junda)