Pada hari Rabu, 31 Januari 2018, PT. Esri Indonesia dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menandatangani Momerandum of Understanding antara PT. Esri Indonesia dan UMY. Penandatanganan MoU ini dilaksanakan di Mini Theater lantai 4 Gedung Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan di hadiri oleh perwakilan PT. Esri Indonesia, Tim Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Rektor UMY, Dosen dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

MoU ini merupakan kerjasama antara Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan PT. Esri Indonesia tentang pemanfaatan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkait informasi geospasial. Kerjasama ini merupakan sinergi antara UMY dan PT. Esri Indonesia untuk mewujudkan kualitas sumber daya manusia, pembangunan dan kemasyarakatan yang lebih baik.

Regina Maria Hitoyo., S.T selaku perwakilan PT. Esri Indonesia dalam kata sambutannya mengucapkan terimakasih banyak atas terjalinnya kerjasama atara PT. Esri Indonesia dan UMY. Regina Maria Hitoyo juga menyampaikan bahwa perangkat lunak yang diberikan kepada UMY tidak hanya dapat untuk memetakan pembangunan di posisi dan wilayah yang tepat, tetapi juga dapat digunakan Program Studi lain seperti Fakultas Kedokteran untuk mengecek berapa banyak wabah penyakit di berbagai wilayah.

Rektor Universitas Muhammaddiyah Yogyakarta, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P juga mengucapakan terimakasih banyak atas pemberian perangkat lunak ArcGIS kepada UMY dan berharap perangkat lunak ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh civitas akademika UMY. Rektor UMY juga meminta para dosen, mahasiswa yang mengikuti Public Lecture dan Pelatihan ArcGIS Platform dapat banyak belajar dan bisa mengaplikasikannya dengan baik.

Sebagai salah satu rangkaian kerjasama UMY dan PT. Esri Indonesia, PT. Esri Indonesia juga mengadakan Public Lecture dan Pelatihan ArcGIS Platform di UMY. Regina Maria Hitoyo., S.T sebagai perwakilan PT. Esri Indonesia selaku pembicara dalam Public Lecture juga memaparkan sekilas tentang PT. Esri Indonesia yang merupakan sebuah perusahaan software dan merupakan sebuah perusahaan yang berfokus dalam pengembangan Geographic Information System (GIS) serta telah melayani lebih dari 2000 organisasi di Indonesia.

Geographic Information System (GIS) milik PT. Esri Indonesia merupakan sebuah software yang dapat memungkinkan pengguna dalam menvisualisasikan, menganalisa serta menginterpretasikan data berdasarkan lokasi sehingga dapat memahami hubungan, pola dan juga tren yang ada. GIS juga memiliki begitu banyak fungsi, antara lain dapat memprediksi cuaca, memonitoring lingkungan, mengukur polusi dan memantau kekeringan. Bahkan di bidang kesehatan, GIS juga dapat melihat Zika risk, opioid addiction, bahkan membandingkan risiko kanker dan kemiskinan.