Prosedur Akademik

Standard Operating Prosedur (SOP) pada dasarnya adalah pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada dalam suatu organisasi yang digunakan untuk memastikan bahwa semua keputusan dan tindakan, serta penggunaan fasilitas-fasilitas proses yang dilakukan oleh orang-orang dalam organisasi berjalan secara efisien dan efektif, konsisten, standar dan sistematis. Dengan adanya sistem manual standar atau (SOP) diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja layanan yang diberikan oleh fakultas teknik. Dengan adanya instruksi kerja yang terstandarisasi maka semua kegiatan layanan akan dapat dilakukan secara konsisten oleh siapapun yang sedang bertugas melakukan layanan. Layanan-layanan yang berbelit dan tidak jelas prosedur operasinya akan semakin terminimalisir. Disamping konsistensi layanan hal lain yang akan dihasilkan adalah efisiensi dan efektifitas kerja. Dengan prosedur yang terstandar setiap orang baik pengguna layanan maupun staf yang memberi layanan akan dapat memanfaatkan ataupun melakukan layanan yang semakin hari semakin baik dan semakin cepat karena terjadinya proses pembelajaran yang secara terus menerus terjadi selama proses layanan. Dengan demikian dapat dipastikan melalui SOP ini akan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja layanan. Berikut ini daftar SOP Akademik Fakultas Teknik :

  1. Pelayanan Akademik Perubahan Kartu Rencana Studi (KRS) –>klik
  2. Pelayanan Akademik Pelaksanaan Remidiasi –>klik
  3. Pelayanan Akademik Pengajuan Beasiswa –>klik
  4. Pelayanan Akademik Proses Beasiswa Bidikmisi –>klik
  5. Pelayanan Akademik Perubahan Nilai Matakuliah –>klik
  6. Pelayanan Akademik Pelaksanaan Kerja Praktek –>klik
  7. Pelayanan Akademik Pelaksanaan Tugas Akhir –>klik
  8. Pelayanan Akademik Proses Pendaftaran Yudisium –>klik
  9. Pelayanan Akademik Proses Pembekalan Calon Wisudawan –>klik
  10. Pelayanan Akademik Penanganan Pelanggaran Etik –>klik
  11. Pelayanan Akademik Proses Mahasiswa Drop Out –>klik
  12. Pelayanan Akademik Pelaksanaan Wisuda –>klik
  13. Pelayanan Akademik Proses Cuti Kuliah –>klik
  14. Pelayanan Akademik Proses Pindah Kuliah –>klik
  15. Pelayanan Akademik Administrasi Perkuliahan –>klik
  16. Pelayanan Akademik Bebas Referensi –>klik
  17. Pelayanan Akademik Penyerahan Tugas Akhir –>klik