Pada hari Selasa tanggal 24 April 2018, Program Studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyelenggarakan kuliah pakar dengan tema “Electron Microscopy for Advanced Materials in Kyushu University, Japan” di ruang Stadium General (SG) Gedung F1 Lantai 2 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Agenda Kuliah Pakar ini di isi oleh Prof. Dr. Satoshi Hatta yang berasal dari Kyushu University, Japan. Peserta yang hadir juga lebih dari 90 mahasiswa dan beberapa dosen Prodi Teknik Mesin, agenda ini berlangsung cukup menarik karena para peserta dapat langsung bertanya dengan Prof. Dr. Satoshi Hatta tentang apapun yang berhubungan dengan Electron Microscopy.

Materi yang disampaikan oleh Prof. Dr. Satoshi Hatta terdiri dari High Voltate Electron Microscope, Cross Sectional Transmission Electron Microscopy, Wave Lenght of Various Ways, dan Resolution of Electron Microscope. Prof. Dr. Satoshi juga menjelaskan tentang mengapa analisis nanostruktural begitu penting, dan bagaimana caranya smenganalisis nanostructure. Prof. Dr Satoshi juga menjelaskan tentang innention of electron microscopy, electron diffraction, dan transmission electron microscopy. Kegiatan ini merupakan salah satu tindak lanjut dari kegiatan Riset Kolaborasi Internasional, yang bertemakan nanomaterial, antara dua tim dari dua Institusi tersebut. Dr. Harini Sosiati sebagai moderator merupakan anggota tim riset kolaborasi dari Prodi teknik Mesin.

Dalam kata sambutannya Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jazaul Ikhsan Ph.D mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungan yang dilakukan oleh Prof. Dr. Satoshi Hatta dari Kyushu, Jepang dan berharap Prof. Satoshi dapat menikmati budaya serta cita rasa kuliner yang ada di Yogyakarta. “Kami berharap kita bisa melanjutkan aktivitas selanjutnya dengan mengirim mahasiswa kita untuk belajar di Kyusu, Jepang.” Ujar Jazaul Ikhsan dalam kata sambutannya. Kegiatan ini kemudian ditindak lanjuti oleh Ketua Prodi Teknik Mesin, Berli Parpurna Lamiel, ST, .M.Eng Sc, PhD dengan mengirimkan mahasiswa untuk melakukan penelitian ke Kyusu University pada bulan Agustus 2018 nanti.