Prodi Teknik Mesin UMY menyelenggarakan Sosialisasi Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada hari Rabu, 20 September 2017. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) di Gedung G6 Ruang CAM Lantai 1 dan berlangsung dari pukul 15.30-17.30.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan agar mahasiswa mengetahui apa itu PKM dan nantinya akan bisa turut berkontribusi dalam ajang PKM ini. Materi yang disampaikan pun meliputi pengenalan beberapa kategori PKM yang dapat diikuti, seperti PKM Penelitian, Pengabdian Masyarakat, Kewirausahaan, Karsa Cipta, Teknologi, dan juga pengenalan tentang Gagasan Tulis, Artikel Ilmiah, dan lainnya. Pada sosialisasi kali ini juga dijelaskan tentang sistem administrasi PKM seperti sistematika proposal PKM dan juga teknik penulisan PKM agar para mahasiswa nantinya bisa menulis proposal sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Pemateri dari kegiatan sosialisasi ini adalah Oki Wijaya S.P., M.P dan Thoharudin, S.T ., M.T, peserta yang hadir pun cukup banyak, dari target awal 50 peserta  Alhamdulillah yang mendaftar cukup banyak dan melebihi target ujar Yudha penanggung jawab sosialisasi PKM ini.

Yudha beserta rekan tim penyelenggara PKM berharap para peserta yang mengikuti sosialisasi ini dapat mengetahui sistem administrasi dan kategori-kategori PKM yang bisa mereka ikuti nantinya, dengan sosialasi ini para penyelenggara juga dapat mengetahui mahasiswa yang benar-benar serius untuk ikut serta, sehingga Yudha beserta Divisi Riset dan Teknologi dapat mengelompokan peserta yang hendak ikut PKM nantinya. Besar harapannya juga bahwa Prodi Teknik Mesin nantinya dapat mendelegasikan banyak peserta dalam ajang PIMNAS 2018.