Dalam rangka memberikan arahan untuk memiliki keterampilan dan pengetahuan yang mumpuni saat memasuki dunia kerja Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyelenggarakan Sosialisasi dan Pendampingan Program Pelatihan Jarak Jauh Bidang Konstruksi (Distance Learning) dari Dirjen Bina Konstruksi Kementrian PUPR, Senin (31/07) di gedung AR. Fachruddin B lantai 5 UMY. Acara ini dibuka dengan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan pidato pembukaan oleh Bapak Jazaul Ikhsan selaku dekan Fakultas Teknik UMY  dan dihadiri oleh kurang lebih 130 peserta. Sambutan pertama diberikan oleh Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan, Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementrian PUPR Bapak Ir. R.M Dudi Suryo Bintoro, MM. Beliau menyampaikan secara umum mengenai Sosialisasi PJJBK dan memaparkan sejauh mana pentingnya kegiatan ini untuk lebih menekuni saat proses belajar berlangsung.

Ibu Martalia Isneini, ST., ME selaku Kepala Seksi Pengembangan Teknologi menambahkan bahwa “Pelatihan Jarak Jauh (Distance Learning) merupakan program pelatihan yang dapat dipelajari oleh peserta didik dimanapun dan kapanpun melalui jaringan internet. Hal ini  memudahkan para mahasiswa untuk mendapatkan sertifikasi pelatihan dan kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja yang nyata”.

Selanjutnya acara dipandu oleh Yosaphat Bisma Wikantiasa, M.Ikom yang memperkenalkan tentang layanan online SIBIMA Konstruksi (Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri Bidang Konstruksi) dengan website http://pjjak.net/ dan sekaligus mahasiswa juga mengikuti pemaparan Yosaphat dengan menggunakan laptop masing-masing selama penjelasan berlangsung. Selain itu, mahasiswa teknik sipil UMY juga mendapatkan pendampingan registrasi yang disampaikan olehnya hingga proses pendaftaran selesai, sehingga mahasiswa sudah dipastikan terdaftar dengan baik.

Pembekalan Sosialisasi ini sangat baik untuk mendukung dan mendorong kemampuan mahasiswa Sipil UMY mempersiapkan kemampuan yang baik dan mampu bersaing dengan lulusan kampus perguruan tinggi lainnya. Oleh karena itu kegiatan ini sangat memberikan banyak manfaat untuk menjadikan lulusan mahasiswa Sipil UMY menjadi professional, kreatif dan inovatif dengan dibekali ilmu, dan pengalaman yang siap dibanggakan.(jnd)