Sejak didirikan pada bulan Maret tahun 1981, dan mendapatkan Akreditasi B pada tanggal 22 Desember 1998. Pada tanggal 24 Oktober 2017, Berdasarkan Surat Keputusan (SK) BAN PT NO. 4591/SK/BAN PT/Akreditasi/S/XII/2017, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil meraih akreditasi A.

Adapun dalam agenda Silahturahmi dan Ucapan Terimakasih Program Studi Teknik Sipil UMY pada tanggal 9 Januari, 2018, Prof. Agus S. Muthohar, Ph.D menyampaikan ucapan terimakasih atas kerja keras, usaha dan upaya yang telah dilakukan oleh segenap civitas akademika, baik dosen, karyawan, dan mahasiswa, yang turut andil dalam membantu tercapainya akreditasi A Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Prof. Agus S. Muthohar, Ph.D selaku Ketua Program Studi Teknik Sipil UMY juga menyampaikan bahwa prestasi dan pencapaian ini adalah awal yang harus terus ditingkatkan. Selanjutnya Program Studi Teknik Sipil akan terus mengevaluasi dan meningkatkan kualitas sehingga bisa mendapatkan akreditasi internasional, yaitu meraih akreditasi dari Quacquarelli Symond (QS Stars).

Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Bapak Jazaul Ikhsan, S.T., M.T., Ph.D dalam kata sambutannya juga mengucapkan selamat kepada Program Studi Teknik Sipil atas prestasi yang telah diraih. Adapun Dekan Fakultas Teknik UMY optimis bahwa selanjutnya Program Studi Mesin, Program Studi Elektro dan Program Studi Informatika di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,  siap untuk meraih akreditasi A pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia.