Setelah melaksanakan berbagai macam acara dalam penyelenggaraan “Electro Fair 2017”, pada Minggu (16/04/2017) Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro (KMTE) menyelenggarakan puncak acara  Electro Fair 2017 dengan pameran Drone photo Contest untuk menyambut para peserta dalam mengikuti acara kompetisi Robotech#7 yang berlokasi di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Penyelenggaraan Drone Photo Contest yang mengangkat tema Hold The Sky With Your Handmerupakan kompetisi yang diadakan bagi para generasi muda dalam proses perkembangan bakat dan minatnya dalam menggabungkan seni dan teknologi dalam sebuah karya photography menggunakan pengembangan teknologi berupa Drone dengan mengambil objek gambarnya adalah Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Kegiatan pengambilan foto yang berlangsung tanggal 21-25 Maret ini berjalan secara kompetitif namun tetap sportif dengan diikuti oleh kurang lebih 18 tim, yang terdiri dari 2 orang dalam satu tim. Untuk mendapatkan hasil yang original dan terjamin keakuratannya, panitia memberikan beberapa peraturan dalam penilaian kompetisi ini, seperti : Screencapture mengenai ketinggian dan waktunya, dan pengambilan foto yang didampingi oleh setiap panitia. Adapun hasil kompetisi ini dipamerkan bersamaan dengan kegiatan Robotech#7.

Berkut merupakan tiga photo terbaik dari kegiatan DRONE PHOTO CONTEST, yaitu:

a.) Juara 1 berasal dari tim Belalang Terbang dari Dronesia

b.) Juara 2 berasal dari tim DRIGY 1 dari Mahasiswa TI UMY

c.) Juara 3 berasal dari tim DRIGY 4 dari Mahasiswa TI UMY

Acara selanjutnya ROBOTECH#7 merupakan kompetisi robot yang diadakan setiap tahun untuk memperlombakan jenis kategori robot. Pada tahun ini kompetisi robot yang telah diselenggarakan sebanyak 7 kali oleh ELECTRO FAIR mengangkat tema Generasi Muda Mengukir Prestasi jenis kategori robot yang diperlombakan diantaranya Robot Transporter dan Robot Sumo. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 45 tim yang terdiri dari 3 peserta pelajar SD/SMP/SMA sederajat dengan didampingi oleh 1 pembimbing.

Kategori Robot Transporter yang diikuti oleh pelajar SD sederajat dan kategori Robot Sumo yang diikuti oleh pelajar SMP/SMA sederajat.

a.) Kategori Robot Transporter

b.) Kategori Robot Sumo

Pada kategori  Robot Transporter juara 1 diraih oleh SD Muhammadiyah BODON 3, Juara 2 oleh SD Muhammadiyah BODON 1 dan Juara 3 oleh SD IT Jabal Nur 3. Untuk kategori Robot Sumo juara 1 diraih oleh SMP N 6 Yogyakarta TIM 1, Juara 2 oleh SMP  6 Yogyakarta TIM 2 dan Juara 3 diraih oleh SMA N 10 Yogyakarta.

Acara tersebut berlangsung dengan meriah namun tetap kompetitif dan sportif antar tim. Sebagai sekretaris Yuki Adilah mengharapkan dengan diadakannya acara ini dapat membangkitkan semangat para generasi muda dalam mengembangkan teknologi khususnya dalam bidang robotica, “dan kepada para panitia selanjutnya untuk tahun depan diharapkan dapat lebih berinovasi dalam penyelenggaraan kompetisi dan sebagai evaluasi untuk dapat memperketat suportifitas antar peserta saat acara berlangsung.” Tutupnya