Pada hari Jumat, tanggal 27 Juli 2018 telah berlangsung Academic Group Discussion yang diselenggarakna oleh Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Agenda ini merupakah salah satu rangkaian Visiting Professor yang telah bekerjasama dengan Universiti Sains Malaysia (USM) dan Universitas Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) selama 6 hari dari tanggal 24 Juli 2018 sampai 28 Juli 2018. Agenda ini berlangsung di Ruang Stadium General Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Gedung Siti Walidah F1 Lantai 2.

Dalam sesi tersebut, Group Discussion dibagi menjadi dua dimana masing-masing memiliki fokus pembahasan yang berbeda. Group pertama membahas tentang Water and Environmental Studies yang diisi oleh Dr. Mohamad Fared Murshed, Mohd. Hazreek Zainal Abidin, PhD dan Rehana Jamaludin. Sedangkan yang group kedua berfokus pada Geotechnical and Structure yang diisi oleh Fadzli Mohamed Nazri, Ph.D, Mohamad Anuar Kamaruddin dan Prof. Dr. Moch Remy Rozainy. Setiap dosen mempresentasikan paper dan didiskusikan bersama dosen Teknik Sipil UMY. Dalam Academic Group Discussion tersebut juga terdapat sharing knowledge sebagai sarana komunikasi dua arah antara dosen Teknik Sipil UMY, USM, UTHM.

Di akhir sesi dilanjutkan pembahasan rencana Collaborative Conference antara ketiga universitas tersebut sebagai upaya penguatan kerjasama antara Program Studi Teknik Sipil UMY, Universiti Sains Malaysia dan Universitas Tun Hussein Onn Malaysia. Bapak Pudji Harsanto, Ph.D sebagai Sekretaris Prodi teknik Sipi; berharap banyak dengan melalui agenda ini dapat berlangsung sesuai dengan rencana dan tidak hanya untuk dosen akan tetapi juga untuk mahasiswa dalam agenda Intellectual Mobility Program.