Memasuki revolusi industri 4.0 mengharuskan masyarakat memahami teknologi dimana semua hal sangat erat kaitannya dengan perkembangan teknologi digital. Bagi pebisnis, teknologi merupakan sektor yang sangat penting untuk media promosi dan bersaing dengan inovasi-inovasi untuk menarik pelanggan.

Untuk pertama kalinya, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sukses menyelenggarakan UMY Business Summit “Expo, Workshop, and Enterpreneurship Festival” dengan tema Creative Business in Disruptive Innovation 4.0, pada 27 April 2019 yang berlangsung di Lapangan Bintang UMY dan Student Louge Lantai 3 Gedung Pascasarjana UMY.

Kegiatan tersebut memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan dosen untuk berdiskusi antar-perusahaan mitra UMY sebagai upaya menyiapkan Inovasi dan Sumber daya Manusia yang berkualitas dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. UMY Business Summit bertujuan untuk mengembangkan kegiatan bisnis sekaligus memperkuat Kerja sama antara Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan perusahaan mitra yang nanti nya dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi banyak pihak, mahasiswa khususnya.

Pada agenda Expo tanggal 27 April 2019, Program Studi Teknik Mesin UMY berhasil menyabet penghargaan sebagai ‘Stand Terkreatif’. Prestasi ini tentunya juga karena dukungan dari mahasiswa yang turut aktif berpartisipasi untuk mensukseskan agenda Expo dalam UMY Business Summit 2019. Pada stand tersebut ditampilkan mesin pembuat minuman kopi hasil rancangan dan pembuatan dari mahasiswa Teknik Mesin yaitu Deny Sahela, David Syamsudin dan Tintus Dwi Cahyo dengan dibantu oleh Rela Adi Himarosa, ST., MEng.  Diharapkan mesin tersebut dapat memperoleh HAKI.

UMY Business Summit selanjutnya membagi menjadi tiga agenda berbeda yaitu Expo yang akan diisi oleh mahasiswa, perusaahan, program studi yang ada di UMY dan UMKM-UMKM binaan UMY. Talkshow yang diisii pembicara Gufron Mustaqim selaku CEO Sale Stock dan Febriyo Hadikusumo selaku Direktor Program Rumah Kreatif Jogja. Dan Seminar kewirausahaan yang akan diisi oleh M Yana Aditya (Direktur Keuangan PT Rajawali Nusantara Indonesia), Heppy Trenggono IIBF), Santoso ( Direktur Utama BPD DIY), Digantoro Tarmizi (CEO ESRI), Suryo Pratolo, (Komisaris PT UMMAT), Delly Nugraha (Vice President Regional Ojek), Andi Yuniantoro (Direktur Utama Inixendo) dan Mulya E Siregar (komisaris Utama Bank Mandiri Syariah). Digelar pula diskusi Kerja sama UMY dan perusahaan partner UMY.