Kunjungan 3 Univ Di Malaysia 1

Menyambut dimulainya Masyarakat Ekonomi ASEAN, Fakultas Teknik UMY kembali mengembangkan kerjasama dengan negara tetangga yaitu Malaysia. Sebelumnya, FT UMY telah mengadakan MoU dengan University of Malaysia terkait dengan tujuan UMY untuk menjadi world class university. Dalam kesempatan ini, Wakil Dekan II bidang kerjasama dan kemahasiswaan FT UMY, Slamet Riyadhi Ph.D, berkunjung ketiga universitas Malaysia yaitu Universitas Teknikal Malaysia, Universitas Malaysia, dan Universitas Kebangsaan Malaysia. Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan dan membuka kerjasama antara Fakultas Teknik UMY dengan ketiga universitas tersebut.

Kunjungan ini berlangsung selama empat hari mulai Senin (11/01) sampai dengan Kamis (14/01) untuk kunjungan di Universitas Kebangsaan Malaysia, Wakil Dekan II bidang kemahasiswaan dan kerjasama bersama 2 dosen Fakultas Teknik UMY lainnya disambut langsung oleh Wakil Dekan bidang Internasional Engineering Faculty UKM, Prof. Maslinda dan Pengarah Strategis UKM, Prof. Marzuki Mustafa. Hasil dari kunjungan ini berupa tiga bentuk kerjasama akademik yang akan dilaksanakan FT UMY dengan ketiga universitas tersebut yaitu joint supervision dimana mahasiswa FT UMY akan diberikan pembimbing skripsi langsung dari salah satu dosen ketiga universitas tersebut, joint publication dimana kedua universitas akan berkolaborasi dalam publikasi jurnal dari kedua universitas, dan sit in program dimana mahasiswa akan mengikuti satu minggu perkuliahan langsung di salah satu dari ketiga universitas Malaysia tersebut, selain itu juga program community service atau dikenal dengan KKN internasional.

Peningkatan kerjasama dengan ketiga universitas Malaysia ini diharapkan dapat berjalan dua arah dan memberikan manfaat pengembangan wawasan internasional bagi mahasiswa Fakultas Teknik UMY. Kerjasama ini juga merupakan langkah lanjutan bagi FT UMY untuk internasionalisasi fakultas. (Anya)